Perluas Akses Permodalan, BRI Agro Gandeng Modalku

PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) menandatangani Perjanjian Kerja sama dengan s Modalku (PT Mitrausaha Indonesia Grup). Kolaborasi yang dilaksanakan secara online ini dalam rangka menunjang pertumbuhan ekosistem digital sektor keuangan dan perbankan.

Sigit Murtiyoso, Direktur Retail Agri & Pendanaan BRI Agro menyampaikan, jnisiasi kerja sama dengan platform fintech lending pada 2020 oleh BRI Agro menunjukkan hasil yang positif. Oleh karena itu, tahun ini BRI Agro terus memperluas jangkauan kerja sama dengan beberapa fintech lainnya. “Sejalan dengan strategi perusahaan untuk melakukan kerja sama partnership dengan fintech, maka kami memilih platform fintech lending untuk mengembangkan bisnis selagi kami mempersiapkan model bisnis baru untuk menjadi digital attacker sesuai dengan aspirasi BRI Group,” ungkap Sigit.

Kerja sama ini juga menjadi salah satu langkah strategis perusahaan sebagai House Of Fintech and Home of Gig Economy untuk memperluas akses permodalan, khususnya kepada masyarakat dari berbagai sektor bisnis.

“Sebagai House of Fintech and Home for Gig Economy karena kami ingin melayani pekerja sektor informal atau yang disebut Gig Economy Workers termasuk UMKM. Caranya adalah kolaborasi dengan fintech untuk dapat menghasilkan data yang akurat untuk digital lending,” lanjutnya.

Adapun BRI Agro akan menyalurkan kredit melalui digital platform dengan perannya sebagai pendana (lender). Sigit pun optimistis kerja sama ini memberikan kontribusi bagi para masyarakat serta para pelaku Gig Economy yang berperan sebagai salah satu pilar pertumbuhan pemulihan ekonomi di Indonesia. "Selain itu juga Gig Economy worker adalah perwujudan UMKM baru yang penyaluran kreditnya dilakukan secara digital berbasis data,” jelas Sigit.

Grup Modalku sampai saat ini telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 23,4 triliun dengan 4,3 juta jumlah transaksi pinjaman di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi, diharapkan bisa menjangkau lebih banyak UMKM yang berpotensi tetapi belum terlayani dan menjadi fintech terpilih bagi UMKM dan seluruh stakeholder.

"Kolaborasi ini sejalan dengan nilai gotong royong yang menjadi bagian dari model bisnis Modalku. Kerja sama ini menunjukkan bahwa fintech mampu memperkaya ekosistem keuangan di Indonesia dan bisa berjalan beriringan dengan bank dalam mendukung kebutuhan finansial usaha kecil yang belum terlayani, tapi berpotensi untuk berkembang," tutur Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)