Perluas Jangkauan UMKM, LinkAja Gandeng P2P Lending

LinkAja mengakuisisi P2P lending, PT iGrow Resources Indonesia atau iGrow. Aksi korporasi ini dalam rangka memperluas jangkauan lengan bisnis LinkAja terutama ke pembiayaan untuk UMKM.

Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja mengatakan perluasan lini usaha di bidang pembiayaan UMKM merupakan langkah nyata LinkAja dalam memberikan kemudahan akses keuangan dan ekonomi.

“Didukung jaringan ekosistem yang kuat di berbagai daerah di luar pulau Jawa serta kota tier 2 dan 3, kami berharap dapat memberikan pemerataan akses pembiayaan terhadap pelaku UMKM yang selama ini masih terfokus di pulau Jawa dan kota tier 1,” tutur Haryati.

Direktur Pengembangan Bisnis PT iGrow Resource Indonesia (iGrow), Jim Oklahoma mengatakan LinkAja memiliki kesamaan tujuan dengan iGrow, sehingga pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi.

“LinkAja merupakan perusahaan yang memiliki fundamental bisnis kuat dengan kolaborasi pemegang saham antara BUMN dan perusahaan teknologi besar.  Hal ini akan mempercepat visi dan misi iGrow untuk memberikan impact ke UMKM,” jelas Jim.

Hingga saat ini, UMKM merupakan tulang punggung perputaran ekonomi Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah pelaku UMKM saat ini sudah mencapai 64 juta dengan pertumbuhan 2,02% setiap tahunnya.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh UMKM, seperti kurangnya informasi dan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha.

Adapun berdasarkan data OJK per Desember 2020, total penyaluran pembiayaan online baru meningkat sebesar 26,5% dibandingkan tahun 2019.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)