Permudah Transaksi Nasabah di Mancanegara Lewat Cross-Border QR Pay

PermataBank terpilih menjadi bank partisipan untuk implementasi inisiatif Cross-Border QR Payment yang merupakan milestone pada Indonesian Payment System Blueprint 2021. Dalam fase awal ini, Bank Indonesia telah bekerja sama dengan Bank of Thailand sehingga pengunjung Thailand dapat melakukan pembayaran dengan scan QR di seluruh merchant QRIS di Indonesia.

Demikian juga pengunjung Indonesia ke Thailand bisa melakukan pembayaran QR di semua merchant di Thailand. Fitur ini ke depannya akan dapat dinikmati oleh nasabah melalui aplikasi PermataMobile X saat melakukan pembayaran di luar negeri pada merchant yang telah bekerja sama.

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengatakan, partisipasi PermataBank dalam implementasi fitur QR Pay Cross-Border menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam optimalisasi inovasi teknologi untuk sistem pembayaran nasional. Sebelumnya, Bank Indonesia menyebut bahwa melakukan pembayaran menggunakan cross-border QR akan menguntungkan nasabah karena lebih murah dan tanpa biaya tambahan. Nasabah yang sedang berada di luar negeri juga tak perlu lagi menukar uang di money changer atau menarik uang di ATM luar negeri.

“Sejalan dengan upaya Bank Indonesia untuk menciptakan sistem pembayaran yang efisien, kami bangga menjadi salah satu bank partisipan dalam implementasi QR Pay Cross-Border yang nantinya akan dengan mudah diakses melalui PermataMobile X. Keterlibatan PermataBank sejalan dengan himbauan pemerintah untuk mewujudkan ekosistem cashless society. Partisipasi ini juga menjadi wujud nyata kami untuk memberikan pelayanan keuangan yang simple, fast, dan reliable bagi nasabah,” katanya, Kamis (28/09/2021).

Dalam tahap awal implementasi QR Pay Cross-Border, nasabah PermataBank nanti akan dapat melakukan pembayaran menggunakan Thai QR Codes milik Thailand melalui aplikasi digital banking PermataMobile X. Selanjutnya, pemerintah juga akan memperluas penerapan fitur ini ke QR code milik negara lain, sehingga nasabah PermataBank ke depannya dapat menikmati kemudahan dalam bertransaksi di berbagai negara.

Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank menambahkan, PermataMobile X yang dilengkapi fitur QR Pay berbasis QRIS bisa dipergunakan nasabah untuk melakukan pembayaran dengan scan QR code di semua merchant yang sudah mengadopsi QRIS yang kini sudah mencapai 8.17 juta merchant di Indonesia.

"Dengan kerja sama cross-border QR Payment antara Bank Indonesia dan Bank of Thailand ini, nasabah dan merchant di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran berbasis cross-border QR payment secara instan. Dengan demikian, nasabah kami dapat menggunakan PermataMobile X QR Pay untuk pembayaran ketika berbelanja di Thailand. Demikian juga pengunjung Thailand ke Indonesia bisa melakukan pembayaran dengan aplikasi pembayaran berbasis QR di seluruh merchant QRIS Indonesia," ungkapnya.

Lanjut Abdy, transaksi menggunakan QRIS juga dinilai menjadi salah satu cara pembayaran yang praktis dan menguntungkan bagi masyarakat, terutama di pandemi Covid-19 yang mendorong transaksi tanpa uang fisik atau secara cashless and frictionless. "Sejak peluncurannya pada 2020, fitur QR Pay berbasis QRIS di PermataMobile X disambut dengan sangat baik oleh nasabah dan mengalami pertumbuhan transaksi yang signifikan yaitu lebih dari 300% YoY.”

Selama tengah tahun 2021 total volume transaksi Bank meningkat 200% YoY menjadi 937 juta; sebagian besar peningkatan berasal dari penyerapan yang signifikan di semua saluran digital hingga 351% YoY menjadi 766 juta. "Peningkatan transaksi digital ini mencerminkan kemitraan yang kuat dan efektif dengan pihak ketiga serta banyak pemain utama dalam ekosistem Bank dan ekonomi digital pada umumnya," tambah Djumariah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)