Persaingan Oli Motor Makin Licin

Osman Durrani, Presiden Direktur PT ExxonMobil Lubricants Indonesia 

Akhi-akhir ini persaingan produk oli motor makin sengit saja. Pabrikan oli berlomba meluncurkan produk barunya. Baru-baru ini, Mobil Lubricants pun merilis oli motor pertamanya, yaitu oli Mobil Super Moto di Jakarta (13/7/2018). Pelumas baru ini diklaim diformulasikan dari paduan bahan dasar sintesis dan minteral dan dilengkapi sistem aditif canggih sehingga mesin bersih,terlindung dari keausan dan korosi.

Osman Durrani, Presiden Direktur PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia, menuturkan, “Kehadiran Mobil Super Moto mempertegas komitmen kami untuk terus menghadirkan solusi pelumasan bagi pelanggan. Melihat tingginya pertumbuhan pengguna kendaraan roda dua di Indonesia dan kondisi yang menantang untuk berkendara, kami meluncurkan  pelumas kendaraan roda dua  untuk membantu menjaga kebersihan mesin dan meningkatkan performa di jalan perkotaan.”

Dalam acara peluncuran tersebut, Mobil Lubricants juga mengumumkan kerja sama dengan Lazada. Bob Sprengers, Chief Business Officer Lazada Indonesia mengatakan, “Kerja sama dengan Mobil Lubricants sejalan dengan komitmen Lazada untuk terus memperluas rangkaian produk dan layanan berkualitas tinggi untuk para konsumen Indonesia. "

Kerja sama tersebut merupakan kelanjutan dari kolaborasi kedua perusahaan yang telah dimulai sejak awal tahun. Sebelumnya, keduanya telah meluncurkan program Service Booking Module pada Februari 2018. Pada April 2018, Mobil Lubricants menyediakan pengalaman mengganti oli lewat On Demand Service  melalui Lazada. Layanan tersebut memungkinkan konsumen dapat membeli paket secara online dan menentukan sendiri jadwal dan lokasi penggantian oli kendaraan mereka.

Andhina Puteri, General Manager PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia, menyampaikan, “Di Lazada kami punya toko resmi. Bersama Lazada kami punya dua program, service booking module, menghubungkan konsumen dengan beberapa bengkel partner yang memungkinkan konsumen untuk menentukan kapan ia mau ganti oli. Dia tinggal klik dan datang tanpa mengantre. Yang kedua ada On Demand Service, di mana pengguna bisa pesan produk tertentu di Lazada, lalu mekanik akan datang ke rumah dan mengganti oli. Itu salah satu bentuk kerja sama dan kami yakin tidak akan berhenti sampai sana.” Adapun saat ini program tersebut baru melayani area Jabodetabek saja.

Sebelum meluncurkan produk ini, riset sudah dilakukna Mobil Lubricants sejak 3-4 tahun yang lalu. Andhina menambahkan, “Riset yang dilakukan adalah terkait bagaimana perilaku konsumen, keluhan mereka. Kami mencari bagaimana menemukan formulasi antara teknologi dan keinginan yang tepat dan cara berkomunikasi dengan konsumen,” ungkapnya.

Tantangan yang dihadapi dalam peluncuran produk ini adalah pasar yang sangat tersebar. Selain itu, banyaknya kompetitor. Namun, Andhina melihat itu sebagai suatu hal yang justru memacu tim untuk lebih berinovasi. Adapun pasar yang diincar untuk produk baru ini adalah orang-orang yang peduli dengan kendaraannya dan mau motornya bisa tetap jalan terus tanpa khawatir apakah mesinnya akan panas. Andhina menuturkan bahwa tagline ‘Melaju cepat tanpa cemas’ bisa menjadi diferensiasi produk Mobil Lubricants.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)