Pertamina Lubricants Gencar Perluas Pasar ke Pasar Internasional

PT Pertamina Lubricants hadir di Trade Expo Indonesia (TEI) 2017, yang berlangsung hingga 15 Oktober mendatang di Hall 5 International Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Pameran ini merupakan pameran business to business terbesar di Indonesia dan  menjadi one stop services bagi buyer yang mencari produk Indonesia berkualitas tinggi.

Pertamina Lubricants hadir dengan mengsusung konsep Global Partener for Sustainable Resources. Alasan mereka mengusung konsep ini adalah bertujuan untuk meningkatkan ekspor dan reputasi Indonesia di kancah dunia.  Pabrik oli ini mengklaim sebagai produsen dan marketer produk pelumas berkualitas tinggi dan berstandar internasional karya anak bangsa.

“Di pameran ini, kami dapat bertemu dengan para buyer dan calon buyer dan distributor potensial  kami dari luar negeri. Respons pengunjung pun baik,"ungkap Arifun Dhalia, Vice President Sales & Marketing –Overseas PT Pertamina Lubricants.

Pihaknya mengaku telah bertemu dan berdiskusi langsung dengan berbagai atase perdagangan luar negeri dari Papua Nugini, India, Malaysia, Kamerun, Singapura, Afganistan, Nigeria dan masih banyak lagi. Selain itu,  memiliki kesempatan emas untuk bertemu dengan Perdana Menteri Laos, Thongloun Sisoulith yang didampingi oleh Menteri Perdagangan RI.

Dalam pameran ini, Pertamina Lubricants kembali memperkenalkan seluruh varian produk pelumas untuk segmen otomotif dan industri.

“Sampai saat ini, kami sudah ekspansi ke 14 negara dan memiliki 16 distributor pelumas di luar negeri. Untuk penetrasi secara global, kami gencar menjajaki kerja sama strategis dan  menerapkan multi distributorship. Dengan upaya itu, kesempatan akan semakin luas dan penetrasi akan semakin gencar, "jelas Arifun.

Menurut Arifun, salah satu upaya penetrasi yang telah dilakukan adalah dengan memasuki pasar Vietnam untuk sektor semen, plywood dan transportasi. Pertamina Lubricants juga sudah memasarkan pelumas Rubsol (Pelumas untuk bearing pembuatan ban) yang sudah di-approved dan certified oleh Bridgestone Indonesia dan telah digunakan oleh Bridgestone Indonesia sendiri.

Arifun melanjutkan, pada awal Oktober 2017, Pertamina Lubricants juga telah menyepakati transaksi kontrak penjualan pelumas dengan perusahaan Mesir, Ashrafco, di Kairo. Sebagai trial order satu container 20 feet pelumas Pertamina dengan nilai sebesar US$ 56,695 atau senilai Rp.737 juta. Pertamina Lubricants juga sudah menjadi Technical Partner automobile Lamborghini sejak tahun 2015 yang mana pelumas Fastron Platinum resmi digunakan dalam seluruh event motorsport Squadra Corse Team.

“Ke depannya, kami berharap bisa terus membawa Pertamina ke ranah global dan meyakinkan konsumen di dunia bahwa mutu dan kualitas produk asli Indonesia tidak perlu di ragukan lagi, khususnya untuk sektor lubricants," ujarnya. Dia yakin dengan kapabilitas pabrik Pertamina Lubricants, SDM, mutu riset dan pengembangan produk  yang sudah berstandar dunia,  akan mampu bersaing di pasar internasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)