Pertemuan G20: Ekspansi Ekonomi Melambat di Dunia

Hasil pertemuan G20 4th Meeting of Finance Ministers and Central Bank Governors (11-12 Oktober 2018) dal rangkaian Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, menyebutkan bahwa prospek ekonomi global ke depan masih akan stabil.

”Namun, ekspansi ekonomi akan melambat atau berkurang di seluruh dunia. Bahkan, berkurang sejumlah risiko penurunan yang dibahas pada awal tahun ini mulai terjadi akhir-akhir ini,” jelas Nicolas Dujovne, Menteri Keuangan Argentina sebagai perwakilan presidensi G20 Argentina di Nusa Dua, Bali (12/10/2018).

Kebijakan normalisasi moneter yang ditempuh Amerika Serikat membuat kondisi keuangan di negara berkembang menjadi ketat. Bahkan, beberapa negara berkembang telah mengalami volatilitas pasar yang signifikan atau terkoreksi tajam.

Sebelumnya Pertemuan G 20 menyebutkan ada risiko dari perang dagang, meningkatnya kerentanan finansial, dan politik. Selain itu, pertumbuhan ekonomi global pada kuartal II/2018 dipredisksikan kurang seimbang dan sinyal perlambatan mulai terlihat dari negara-negara maju.

Ketegangan perdagangan di antara para anggota G20 akan diselesaikan melalui jalan diskusi. Hal ini sesuai dengan hasil G20 Trade and Investment Ministerial Meeting di Argentina pada September lalu.

Beberapa egara anggota G20 adalah Indonesia, Italia, Inggris, Turki, Amerika Serikat, Uni Eropa, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, dan Afrika Selatan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)