Pertumbuhan Aplikasi Seluler Meningkat 31% pada Q1 2021

(foto: ilustrasi).

Berdasarkan laporan Tren Aplikasi Seluler Tahunan yang diluncurkan oleh Adjust, platform pemasaran aplikasi global, bahwa pertumbuhan aplikasi seluler terus mengalami akselerasi di tingkat global pada tahun 2021.

Setelah mengalami kenaikan sebesar 50% dalam semua kategori aplikasi dari tahun-ke-tahun (YOY) pada tahun 2020, jumlah instalasi aplikasi meningkat sebesar 31% YoY pada kuartal pertama tahun 2021. Di sisi lain, jumlah sesi yang meningkat sebesar 30% pada tahun 2020, kembali meningkat sebesar 4,5% di tahun 2021.

Laporan yang didasarkan pada Top 2000 aplikasi menurut Adjust dan dataset aplikasi yang dilacak untuk kategori game, e-commerce dan fintech tersebut menganalisis tren jangka panjang dari segi jumlah instalasi, jumlah sesi, waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi, tingkat retensi dan re-atribusi di seluruh dunia.

"App economy mengalami pertumbuhan yang luar biasa di tahun 2020, karena masyarakat di seluruh dunia menyadari manfaat dari sektor mobile dalam berbagai aspek kehidupan mereka," kata Paul H. Müller, Co-founder dan CEO Adjust.

Paul juga mengatakan, bagi pemasar seluler, potensi untuk menjangkau pengguna baru sangat tinggi, tetapi persaingan juga semakin ketat. “Saat kita melewati tahun 2021, dan memulai era baru dengan iOS 14, upaya untuk meningkatkan pemasaran melalui otomatisasi dan informasi tentang perilaku pengguna dalam aplikasi sepanjang perjalanan pengguna menjadi semakin penting,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa aplikasi fintech mencapai pertumbuhan YoY terbaik dari segi jumlah instalasi untuk semua kategori aplikasi yakni 51% pada tahun 2020. Kemudian kategori game memecahkan rekor di tahun 2020, khususnya untuk kategori hiperkasual, di mana jumlah instalasi meningkat sebesar 43%, dibandingkan dengan peningkatan game non-hiperkasual sebesar 26%.

Lalu pertumbuhan jumlah instalasi e-commerce relatif kecil, yakni 6% pada tahun 2020, tetapi kategori ini berhasil mempertahankan kinerja secara konsisten sepanjang tahun.

Ia juga mengatakan, seiring dengan meningkatnya persaingan dalam ekosistem seluler dengan iOS 14, aplikasi yang mengembangkan strategi berbasis data dan berfokus pada UX akan berpotensi untuk menempati peringkat teratas. Dengan informasi mengenai perilaku pengguna dalam aplikasi, serta kapan pengguna kembali menggunakan aplikasi dan apa alasannya, para pemasar seluler dapat menciptakan strategi komprehensif, yang mencakup kampanye yang dipersonalisasi dan komunikasi yang memupuk kepercayaan brand.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)