Pertumbuhan Event Creator Loket Capai 87%

VP Marketing LOKET, Ario Adimas

Gelaran event skala kecil dan menengah seperti event-event yang melibatkan komunitas, gelaran event festival musik daerah, drama musikal, pameran lukisan, kelas memasak, dan sebagainya, memberikan multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

Hadirnya event-event tersebut turut mendorong tumbuhnya ekonomi baru, yakni melalui sektor F&B, penginapan hotel, merchandise, hingga transportasi.

Loket.com mencatat pertumbuhan jumlah event creator di Kuartal I/2019 sebanyak 2.000 acara di mana 87%merupakan event creator baru yang belum pernah membuat event dengan menggunakan Loket.com. Selain itu, terdapat lebih dari 3.000 event yang diatur secara mandiri menggunakan platform ini hanya dalam waktu empat bulan terhitung sejak awal tahun 2019.

Di periode Kuartal I ini pula, Loket.com mencatat milstione 1.000 event baru terbentuk hanya dalam satu bulan pada Maret 2019. Tidak hanya itu, event creator yang bekerja sama dengan Loket juga menjangkau kalangan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan sampai April 2019 telah tercatat hampir 100 event pentas seni (pensi) yang terselenggara.

“Kemudahan yang ditawarkan melalui Loket.com telah mendorong banyak masyarakat untuk tampil sebagai event creator yang turut mendorong perekonomian di daerah mereka,” jelas Anvid Erdian, VP Business Development Loket dalam siaran persnya.

Meskipun demikian, Anvid mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya dapat dikatakan masih berada di permulaan dari tujuan besar untuk mendorong lebih banyak masyarakat berani tampil sebagai event creator.

“Ke depan, kami akan terus berinovasi dalam hal layanan dan produk yang ditawarkan, sehingga Loket dapat terus membantu lebih banyak event creator untuk meramaikan industri event dan hiburan, serta mendukung siapapun untuk lebih aktif berkarya dalam menciptakan kegiatan-kegiatan yang positif," katanya.

Ia pun berharap melalui penyelenggaraan event berskala menengah dan kecil yang terus tumbuh di daerah dapat menjadi salah satu sektor penunjang ekonomi daerah dan secara perlahan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Untuk mempermudah masyarakat dalam membuat dan mengelola event berbuka puasa, Loket pun meluncurkan program khusus “Pekan Bukber Loket” yang telah dibuka sejak tanggal 6 Mei hingga 20 Mei 2019. Dalam program ini, penanggung jawab acara bukber maupun peserta dibuat secara sistematis mulai dari pembuatan event, pilihan sistem pembayaran yang beragam untuk keperluan patungan, pengaturan menu bukber, hingga sistem registrasi untuk pendataan peserta berbasis online.

VP Marketing Loket, Ario Adimas, mengatakan, “Kami terus berinovasi untuk dapat memberikan kemudahan-kemudahan yang membantu penanggung jawab acara (event creator) dan peserta (audience) merasa nyaman, sehingga dapat menikmati pengalaman dari acara tersebut secara maksimal.”

Adapun fitur-fitur yang dikembangkan diakui Dimas dapat menjawab kebutuhan masyarakat modern yang telah begitu akrab dalam memanfaatkan teknologi, seperti misalnya pola pembayaran cashless di mana platform ini dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment GO-PAY. “Proses pembayaran tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)