Marketing Trends zkumparan

Pertumbuhan Tokopedia Now Capai 2 Kali Lipat

Pertumbuhan Tokopedia Now Capai 2 Kali Lipat
TokopediaNOW! menjamin pengguna dapat menerima barang dalam waktu maksimal dua jam setelah pembayaran.

Resmi diluncurkan pada November 2021 lalu, layanan Tokopedia Now mencatatkan pertumbuhan. Hal ini terbukti dari peningkatan transaksi hampir 2x lipat yang terjadi melalui Tokopedia NOW! selama Desember 2021 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sub kategori bumbu dan bahan masakan, telur dan olahan susu, sayur dan buah segar, daging dan seafood serta kie, pasta dan bihun paling laris di Tokopedia Now. Ini merupakan layanan dengan teknologi geo-tagging yang membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian, termasuk produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya.

Tokopedia mengklaim pengguna dapat menerima barang dalam waktu maksimal dua jam setelah pembayaran.”Saat ini semuanya gratis ongkir dengan minimal pembelanjaan Rp30.000, pengguna bisa membeli berbagai kebutuhan harian. Setiap pesanan akan dilayani dan dikirim langsung dalam waktu maksimal 2 jam,” ujar Head of Strategy and Operations Tokopedia Now Pranidhana Mahardhika dalam acara media gathering di Jakarta, Selasa (25/01/2022).

Kehadiran layananbaru ini kata Dhika- panggilan akrab Pranidhana Mahardhika- merupakan salah satu upaya berkelanjutan Tokopedia dalam menggencarkan inisiatif hyperlocal, yang berfokus mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, demi mendorong pemerataan ekonomi secara digital Indonesia.

Selain itu, sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat dalam berbelanja ribuan pilihan produk dari pegiat usaha, termasuk UMKM lokal, dengan lebih cepat dan efisien tanpa harus keluar rumah. “Kami benar-benar encourage penggunaan Tokopedia Now, sehingga masyarakat tidak perlu belanja keluar dan meminimalisir pergerakan selama pandemi ini,” tutur Dhika.

Guna menjaga kualitas produk, menurut Dhika, pihaknya selektif dalam memilih setiap UMKM yang akan mensuplai Tokopedia Now. “Kami mengambil barang dari berbagai UMKM, bahkan saya sendiri langsung visit ke tempatnya. Meski usaha rumahan, mereka harus punya sertifikasi, stoknya juga harus terjaga sehingga ketika transaksi sedang naik, tidak kosong,” jelasnya.

Ke depannya, Tokopedia akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk mengembangkan fitur terbaru ini. “Saat ini 2 jam tiba, ke depan kami ingin bisa lebih cepat lagi agar cepat sampai. Kami juga ingin menambah jumlah produknya. Saat ini ada 2 ribu produk, tahun ini kalau bisa 3 ribu,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved