Petronesia Benimel & Sulawesi Cahaya Kontrak Kerja Sama Nikel Rp 2 Triliun

PT Petronesia Benimel, anak usaha PT Hutama Karya Infrastruktur menandatangani Perjanjian Pekerjaan Kerja Sama Penambangan Nikel dengan PT Sulawesi Cahaya Mineral. Penandatanganan dilakukan oleh masing-masing Direktur Utama Perusahaan di Jakarta (19/5/2022).

Dalam acara penandatanganan yang bertema 'Environment, Social and Governance' tersebut, kedua perusahaan sepakat untuk memproduksi nikel dengan metode Green Mining Construction yang ramah lingkungan dan peduli terhadap kondisi sosial masyarakat sekitar.

Agus Superiadi, Presiden Direktur PT Sulawesi Cahaya Mineral menyatakan bahwa perusahaannya memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) seluas 21.100 hektare yang terletak di Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ia melanjutkan, Sulawesi Cahaya Mineral telah menyelesaikan eskplorasi tahap pertama pada tahun 2013 dan terus melanjutkan eksplorasi hingga saat ini. Hasil sementara cadangan terkira yang ada pada areal perusahaan adalah Limonite ore sekitar 119 juta MT dan Saprolite ore sekitar 22,6 juta MT.

Berdasarkan data tersebut, pihaknya mengatakan bahwa Sulawesi Cahaya Mineral merupakan pemegang deposit nikel terbesar dunia saat ini. Atas kerja sama ini, maka Petronesia Benimel dapat mengeksplor pengalaman yang dimiliki pada bidang pertambangan untuk mendukung penyelesaian produksi pada arealnya. “Kerja sama ini direncanakan akan berlangsung selama 3 tahun dengan estimasi nilai kontrak senilai Rp2 triliun,” ungkapnya.

Kerja sama ini turut mendongkrak kinerja Petronesia Benimel. Perolehan kontrak baru Petronesia Benimel di Triwulan II tahun 2022 atau sampai dengan pertengahan bulan Mei 2022 ialah sebesar Rp3 triliun. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Remon Juhendrik, Direktur Utama Petronesia Benimel, menegaskan, sejak menjadi bagian dari Hutama Karya Group, Petronesia Benimel tetap berkomitmen untuk memperoleh kontrak sesuai dengan portofolio perusahaan dan terus mengembangkan potensi guna sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

“Apresiasi atas kinerja perusahaan yang terus meningkat pada setiap tahunnya dan untuk setiap prestasi yang diraih oleh Petronesia Benimel tidak menjadikan perusahaan konstan terhadap perubahan, melainkan terus berinovasi untuk menghasilkan karya terbaik anak bangsa dalam mencapai kesejahteraan negeri,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)