PHI-Integration Raih Pendanaan Tahap Awal

Kiri ke kanan: Feris Thia (CEO dan Co-founder PHI-Integration) dan Victor Gunawan (Co-founder)

PHI-Integration, perusahaan perangkat lunak yang menyediakan layanan analisa serta manajemen data, telah mendapatkan pendanaan tahap awal dari East Ventures dan Skystar Capital.

Investasi tersebut akan digunakan untuk mempercepat eksekusi PHI-Integration dalam mewujudkan visi #DataDrivenIndonesia.

PHI-Integration yang diluncurkan tahun 2005  bergerak sebagai perusahaan konsultan bisnis, data warehouse dan telah membantu perusahaan pemerintah hingga perusahaan swasta raksasa di Indonesia.

Pada awal tahun 2018, PHI-Integration melakukan penelitian secara internal dan menemukan bahwa 8 dari 10 perusahaan di Indonesia memahami bahwa data yang tidak terkurasi dengan baik, atau biasa disebut dengan dirty data, merupakan hambatan besar bagi perusahaan yang sangat memakan waktu dan biaya untuk mengolahnya. Namun, mereka masih belum menemukan solusi yang tepat dan cepat untuk menangai maalah tersebut.

Melalui dukungan dari dua VC lokal, PHI-Integration mengambil langkah yang berani dengan membangun sub-layanan baru yang disebut Linkr dan menjawab permasalah perusahaan dalam memperbaiki data mentah mereka. Sub-layanan ini akan berada di bawah naungan produk merek mereka yang bernama DataQualitix​.

Victor Gunawan, ​Co-founder PHI-Integration​, memaparkan, bagi PHI, memiliki data yang berkualitas tinggi serta sistem untuk mengelola data yang baik merupakan fondasi penting dalam strategi transformasi digital setiap perusahaan. "Kami percaya bahwa data yang bersih akan mendorong perusahaan untuk mencapai analisa bisnis yang jauh lebih baik, pemanfaatan machine learning yang lebih optimal, serta kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang lebih baik. Yang paling penting, data yang baik dapat membantu mempertajam dan mempercepat pembuatan keputusan bisnis," ujarnya.

Victor menambahkan, melalui beberapa mitra khusus yang telah ditunjuk, Linkr siap membantu setiap perusahaan berbasis data menghadapi tantangan paling sulit, intens, berulang serta memakan waktu banyak, yakni membersihkan data yang kotor dan menemukan data duplikat.

Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures, mengungkapkan, fokus PHI-Integration dalam membantu perusahaan untuk memiliki data yang bersih dan informatif terkenal sebagai salah satu tantangan terberat dalam industri. Sebagaimana kita telah melihat bahwa perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih strategis dan kuat dengan penggunaan data.

Pada momen yang sama, PHI-Integration juga mengumumkan kolaborasinya dengan Skystar Ventures, program inkubator teknologi dari Universitas Multimedia Nusantara, dalam pembentukan platform pendidikan online berbasis data dan imersif bernama DQLab.

Platform ini bertujuan untuk mengatasi akar masalah dalam hal kurangnya literasi data serta sumber daya manusia dengan memungkinkan siswa, profesional muda, dan individu untuk belajar tentang metodologi dan analisa data. Platform belajar ini juga menawarkan sistem pembelajaran dengan menggunakan kasus bisnis yang nyata serta rangkaian data yang biasa ditemui di industri. Perusahaan juga mengungkapkan bahwa platform ini merupakah salah satu usaha mereka dalam mencapai misi #datadrivenindonesia. DQLab memiliki berbagai materi kurikulum seperti manajemen data dasar dan ilmu data, hingga Artificial Intelligence dan Blockchain.

Feris Thia, CEO dan ​Co-founder PHI-Integration, mengatakan, ten Big Data dan ilmu data telah masuk ke pasar Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Namun hingga saat ini, jarak antara suplai talenta berkualitas dengan permintaan industri malah semakin melebar.

Geraldine Oetama, ​Partner Skystar Capital​ turut mengungkapkan, Big Data telah menjadi salah satu bagian penting bagi perusahaan di Indonesia. PHI-Integration tidak hanya berhasil menghemat waktu klien dalam mengelola kumpulan data mereka, tetapi juga memberikan wawasan yang mendalam untuk merumuskan keputusan yang terinfinformasi dengan baik.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!