Pixerf dan Gojek Tantang Fotografer Berkarya dalam Life Hacks

Pixerf, komunitas visual global dan pasar untuk konten Asia yang otentik , masuk ke pasar Indonesia. Misinya adalah memberikan peluang kolaboratif bagi pencipta visual dan brands untuk mendefinisikan diri mereka melalui konten asli Asia. Dengan komunitas beragam pencipta visual dari seluruh Asia pada satu platform, Pixerf memberi peluang bisnis untuk mendapatkan akses langsung ke gambar terbaik dan berbagai cara untuk membuat visual Asia untuk memenuhi kebutuhan konten.

Nah, untuk menandai kolaborasi dengan Gojek Indonesia yang dimulai sejak Agustus 2019 dengan kontes foto bertema #PastiAdaJalan yang diselenggarakan di platform “Misi Crowdsourced” Pixerf, fotografer di Indonesia ditantang untuk mengirimkan foto terbaik dengan tema “'Life Hacks'. Pemenang akan dinilai oleh beberapa fotografer kondang di Indonesia dan kiriman mereka dipamerkan di GoWork Menara Rajawali dalam acara bertema “Museum of Hacks” yang akan diadakan pada Sabtu, 14 September 2019. Kompetisi ini menandai kolaborasi pertama Pixerf dengan brand asal Indonesia sekaligus sebagai penanda Pixerf hadir di Indonesia.

Sejalan dengan rencana ekspansi Pixerf secara regional dan visinya untuk menjadi pasar visual dan komunitas global dengan fokus pada Asia, kerja sama ini sekaligus mengembangkan kampanye “Cerdikiawan” yang sedang berlangsung di Gojek dengan memperluas jangkauan kampanye ke komunintas Pixerf.

Hanya dalam waktu tiga minggu, kampanye ini mengumpulkan lebih dari 700 foto. “Kerja sama dengan Gojek adalah cara terbaik bagi kami untuk terlibat dengan komunitas fotografi lokal, sekaligus menjadi penanda kehadiran Pixerf secara resmi di Indonesia. Pixerf melihat Indonesia sebagai pasar utama dan mitra utama untuk pertumbuhan di Asia Tenggara,” jelas Sa’at Ismail, Pendiri dan CEO Pixerf.

Pixerf juga ingin memperluas manfaat sebagai komunitas visual dan pasar kedua bagi para kreator untuk mencari lebih banyak peluang dan bisnis di bidang pengadaan konten foto asli dari Asia. “Kami ingin kemitraan ini menjadi yang pertama dan tentunya bukan yang terakhir di Indonesia. Pixerf juga merekrut beberapa fotografer top Indonesia sebagai bagian dari kampanye seperti, Gathot Subroto, Nicky Gunawan, Niky Tanjung, dan Silva Sandiarini,” ungkap Sa'at.

Bersama dengan perwakilan dari Pixerf dan Gojek dibentuklah panel juri yang akan mengkurasi ratusan foto peserta dan memilih 30 orang pemenang kompetisi foto ini. Tiga pemenang utama akan diumumkan pada 14 September 2019 saat segmen penjurian langsung di acara 'Museum of Hacks'.

Sebanyak 30 karya pemenang akan dipamerkan di GoWork co-working space selama acara. Epson Indonesia, mitra cetak resmi Pixerf untuk acara tersebut, datang untuk memberikan cetakan foto terbaik dari para peserta dengan resolusi tinggi. “Apa yang kami inginkan adalah solusi khusus untuk membuat visual yang benar-benar personal dan khusus, tetapi Pixerf datang dengan solusi yang menarik untuk menciptakan gamification. Hal ini menjadi cara yang menarik untuk membantu kami menemukan solusi atas masalah Gojek yang sangat unik,” kata VJ Anand, Senior Vice President Creative / Executive Creative Director Gojek Indonesia.

Menjadi bagian dari peluncuran resminya di Indonesia, Pixerf juga akan mengumumkan peluncuran pencarian bakat pertama untuk pencipta visual terbaik di Asia dengan acara bernama “Definer” dan “Under/Exposed”. Acara yang pertama akan fokus kepada penemuan pencipta visual dan mampu menjadi sosok “gamechanger”. Sementara untuk acara yang kedua pencarian bakat ini akan fokus kepada kreator visual yang mampu mendobrak batasan-batasan yang biasa sudah mereka lakukan.

“Definer” adalah serial web di mana Pixerf menyoroti pencipta visual paling menginspirasi dan berpengaruh di Asia yang telah menggunakan kemampuan visual mereka untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat dan mendefinisikan diri mereka melalui karya yang unik.

“Under/Exposed” adalah sebuah inisiatif di mana Pixerf berupaya untuk menata bakat yang belum ditemukan di ruang visual dan membantu mereka mewujudkan potensi penuh atas karya mereka. Pixerf akan membuka panggilan untuk nominasi di Indonesia, dan kandidat yang berhasil akan dibimbing dan diberi kesempatan untuk berlatih dan menunjukkan keahlian mereka.

Selain itu untuk lebih menumbuhkan komunitas visual Asia, Pixerf juga telah menjalin hubungan yang kuat dengan para profesional industri dari 20 negara di Asia. Duta Pixerf ini berkontribusi foto ke Marketplace Kreatif dan hadir sebagai mentor dan penasihat di acara-acara komunitas yang diselenggarakan oleh Pixerf, untuk bertukar tips, ide, dan mendiskusikan tren visual terbaru. “Menciptakan komunitas inklusif di mana pencipta visual dari semua latar belakang dapat memperoleh akses ke pekerjaan dan mendapatkan tip dan belajar dari rekan sesame pencipta visual adalah masa depan,” jelas Sa’at

Semenjak diluncurkan Pixerf berhasil mengakumulasikan 250 ribu lebih foto dari 80,000 pengguna aktif. Kehadiran Pixerf dapat diakses di web, dan aplikasi yang ada di iOS dan Android.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)