Plasticpay Gandeng Lazis NU -Alfamart Gulirkan Sedekah Sampah

Sedekah sampah artinya menyumbang sampah pada dropbox atau kotak sampah

Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional setiap tanggal 21 Februari, Plasticpay bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZIS-NU), serta Alfamart merilis program 'Sedekah Sampah' di Pondok Pesantren Miftahul Khaer, Kampung Babakan, Sukabakti, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten (23/2/2020).

Melalui program pemberdayaan kesadaran kebersihan lingkungan hidup dan gaya hidup sehat ini, LAZIS-NU dan Alfamart mengajak semua masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah botol plastik. Untuk mendukung program ini, Plasticpay akan menyediakan dropbox-dropbox atau kotak sampah di setiap pondok pesantren dan masjid-masjid di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

“Dengan turut berpartisipasi dalam program ini, berarti kita telah melakukan sedekah jariyah untuk pembangunan dan kesejahteraan masjid dan pondok pesantren. Juga telah ikut andil dalam menjaga lingkungan sekitar dari sampah botol plastik,” ujar Chief Executif Officer Plasticpay, Suhendra Setiadi.

Sedekah artinya menyumbang. Sedekah sampah artinya menyumbang sampah pada dropbox atau kotak sampah Plasticpay yang telah disediakan. Plasticpay selanjutnya akan memastikan sampah botol plastik yang terkumpul itu, akan sampai 100% ke recycler (penampung dan pengolah sampah), yang kemudian akan diolah menjadi barang-barang daur ulang bermanfaat, seperti batal, guling, sarung bantal, sarung guling, fiber, geotextile, dan lain-lainnya.

Hadir juga dalam acara peluncuran program Plasticpay ini, Debby Citra Amelia, Public Relations Specialist Alfamart, yang merupakan partner program Plasticpay. Menurut Debby, pihaknya selama ini juga sudah mendistribusikan dropbox Plasticpay di beberapa gerai Alfamart dan Alfamidi di Jakarta, Alam Sutera, Imam Bonjol, Panarub, dan Cadas Kukun. Dan kini, dropbox Plasticpay juga didistribusikan ke pondok pesantren dan masjid-masjid di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat kita bisa menjadi lebih peduli akan kebersihan lingkungan dan mampu mengurangi jumlah sampah, dengan mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang-barang yang lebih berguna bagi masyarakat,” ujar Nur Rachman, Corporate Communication GM Alfamart.

Acara ini juga dihadiri sejumlah ulama, pemimpin pondok pesantren, dan tokoh masyarakat setempat. Di antaranya KH. Encep Subandi (Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tangerang), Yunihar SH. (Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZIS-NU) Kabupaten Tangerang), KiaiHafiz Gunawan (Pengasuh dan Pembina Pondok Pesantren Miftahul Khaer), H. Usamah Abdul Gani (Anggota DPRD Kabupaten Tangerang).

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)