Platform Pengujian Mata Uang Digital untuk Bank Sentral

Foto: Pixabay

Mastercard meluncurkan pengujian virtual guna mengevaluasi penggunaan Central Bank Digital Currencies (CBDC) yang ditujukan untuk bank sentral. Platform ini memungkinkan terselenggaranya simulasi penerbitan, distribusi, dan pertukaran CBDC antar bank, penyedia layanan keuangan, dan konsumen.

Bank sentral, bank komersial, dan perusahaan-perusahaan teknologi diundang untuk bermitra dengan Mastercard untuk menilai desain teknologi CBDC, memvalidasi kasus penggunaan, dan mengevaluasi interoperabilitas dengan jalur pembayaran yang ada dan tersedia untuk konsumen, serta bisnis saat ini.

Executive Vice President, Digital Asset and Blockchain Products and Partnerships Mastercard, Raj Dhamodharan mengatakan bank sentral telah mempercepat eksplorasi mata uang digital dengan berbagai tujuan, dari mendorong inklusi keuangan hingga memodernisasi ekosistem pembayaran.

“Mastercard mendorong inovasi dengan sektor publik, bank, fintech, dan perusahaan penasihat dalam eksplorasi CBDC, bekerja dengan para mitra yang sejalan dengan nilai dan prinsip kami,” ujarnya.

Head of Blockchain, Digital Assets and Data Policy at the World Economic Forum, Sheila Warren mengatakan kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam eksplorasi Mata Uang Digital Bank Sentral dapat membantu bank sentral lebih memahami berbagai kemungkinan dan kemampuan teknologi yang tersedia sehubungan dengan CBDC.

“CBDC dirancang agar nilainya setara dengan mata uang kertas suatu negara dan tetap mengacu pada jaminan yang didukung pemerintah. Selain mencetak uang, bank sentral dapat menerbitkan CBDC sebagai representasi digital dari mata uang fiat suatu negara,” paparnya.

Mastercard melakukan sejumlah cara untuk mengeksplorasi model operasi CBDC bagi masing-masing bank sentral. Pertama, mensimulasikan penerbitan CBDC, distribusi dan ekosistem pertukaran dengan bank dan konsumen, termasuk bagaimana CBDC dapat berinteraksi dengan jaringan dan infrastruktur pembayaran yang ada - misalnya, kartu dan pembayaran real-time.

Kedua, menunjukkan bagaimana CBDC dapat digunakan oleh konsumen untuk membayar barang dan jasa di mana pun Mastercard diterima di seluruh dunia.

Ketiga, memeriksa berbagai desain teknologi CBDC dan kasus penggunaan untuk lebih cepat menentukan nilai dan kelayakan di pasar.

Keempat, mengevaluasi upaya pengembangan CBDC termasuk pembangunan teknis, keamanan dan pengujian awal desain dan operasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)