Plaza Indonesia Buat Kawasan Kreatif Anak Muda Urban

Guna mendukung ekosistem industri kreatif di Indonesia, Plaza Indonesia berencana untuk menjadikan 3 lantai kawasan mal itu  sebagai kawasan kreatif anak muda urban.

Kawasan yang dimaksud adalah level 4,5, dan 6 plaza bagian selatan. Hal ini diutarakan Astri Abyanti Permatasuri, General Manager Marketing & Leasing Level 4,5,6 PT Plaza Indonesia Realty Tbk.

Rencana pembuatan kawasan kreatif ini sudah dimulai  tahun 2017 lalu, namun pihaknya mengakui baru memantapkan diri  tahun ini. “Kami ingin membuat suatu hub atau tempat di mana komunitas-komunitas kreatif akan dimanjakan. Di tahun 2018 ini kami semakin mantap untuk menjadikan area lantai 4,5, dan 6 ini sebagai salah satu tempat anak-anak kreatif Jakarta,” ujar Astri. Nantinya tempat ini akan dijadikan tempat berkumpul komunitas kreatif di Jakarta dari berbagai bidang, dimana mereka bisa berbagi hasil produktivitas mereka.

Salah satu event yang akan digelar guna mendukung rencana tersebut adalah gelaran Plaza Indonesia Film Festival (PIFF)  tanggal 20 Februari hingga 2 Maret 2018 mendatang. Mengusung tema Love Philosophy, PIFF 2018 akan menayangkan 10 film terbaik dari Indonesia dan mancanegara.

Sebagai satu-satunya festival film yang diselenggarakan oleh pusat perbelanjaan, PIFF yang dihelat di setiap tahunnya dibuat untuk dapat memfasilitasi dan memberikan akses, serta mempertemukan industri film dengan komunitas dan pencinta film. “Tidak hanya mengajak untuk menyaksikan film-film festival terbaik dunia saja, kami  juga berarap melalui kegiatan ini, industri perfilman di Indonesia akan semakin maju dan dapat bersanding dengan film-film festival kaliber internasional,” Astri menambahkan.

Bekerja sama dengan Pabrikultur selaku kurator film, kegiatan ini akan menghadirkan 10 film terbaik yang berasal dari dalam dan luar negeri dengan berbagai genre, mulai dari drama hingga animasi. Film-film yang dipilih juga merupakan film yang telah meraih berbagai penghargaan dari festival film internasional, seperti Berlin International Film Festival, Chicago International Film Festival, European Film Awards, Cannes Film Festival, dan lainnya.

Adapun film-film yang akan ditayangkan pada PIFF 2018 adalah Sekala Niskala (Indonesia), The Beguiled (Amerika), On Body and Soul (Hungaria), Loveless (Rusia), Loving Vincent (Eropa), Felicite (Perancis), Night Bus (Indonesia), The Square (Swedia), The Gift (Indonesia), dan Laut Bercerita (Indonesia).

"Tidak hanya Movie Screening, PIFF 2018 juga mengadakan Movie Clinic dengan melibatkan aktor, aktris, penulis skenario, sutradara dan produser untuk memberikan edukasi dan pemahaman mendalam mengenai industri perfilman terutama di Indonesia. Selain itu, acara ini juga akan ditutup dengan short film competition yang akan diumumkan pada 1 Juli mendatang," ujarnya.

Usaha Plaza Indonesia untuk menciptakan kawasan kreatif urban tidak hanya datang dari  bidang film. Tercatat area shopping yang didirikan pada Maret 1990 ini juga pernah mengadakan kegiatan kuliner, dan pameran seni pada tahun 2017 . “Kami akan terus melakukan kegiatan seperti ini untuk mendukung kreativitas anak bangsa dari berbagai lini. Mulai dari fashion, seni, kuliner, dan lainnya. Hal inilah yang akan kami lakukan ke depan,” ujar Astri menegaskan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.od

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!