PLN Gunakan Power Bank untuk Pasok Listrik ke Sentra Vaksin Bersama

PLN menggunakan powerbank sebesar 1 juta Volt Ampere (VA) untuk menyambungkan listrik sementara ke Sentra Vaksinasi Bersama di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Hal ini dilakukan guna mendukung program vaksinasi yang tengah gencar dilakukan Pemerintah.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan mengatakan, perlengkapan pendukung dan tempat penyimpanan vaksin membutuhkan energi listrik yang cukup dan andal. "Untuk itu suplai listrik sementara di sana menggunakan Power Bank PLN, tidak ada polusi suara maupun polusi udara," ungkapnya.

Pasokan listrik untuk sentra vaksinasi ini memiliki tiga lapis pasokan cadangan dari gardu induk 150 bertegangan kilo Volt (kV) dan gardu distribusi 20 kV yang berbeda. Apabila pasokan utama mengalami gangguan, maka listrik akan dialihkan ke pasokan cadangan dengan mutu dan kualitas yang sama dengan pasokan utama.

"Kami berikan keandalan khusus dengan pasokan berlapis yang tidak hanya berasal dari 1 sistem yang sama, tapi juga dari sistem lain. Supaya kalau ada kendala di sistem utama bisa ada back up dari sistem cadangan," tegas Doddy. Khusus untuk lemari pendingin tempat menyimpan vaksin, PLN memberikan keandalan ekstra menggunakan Uninterruptible Power Supply sebesar 30.000 VA.

Tak hanya di Sentra Vaksinasi Tennis Indoor Senayan, PLN juga memasok listrik lokasi vaksin lain seperti lokasi vaksin Kementerian Kesehatan di Jalan Hang Jebat, Jakarta Selatan. "Selain itu, PLN juga juga bersiaga menjaga keandalan serta menambah pasokan listrik di rumah sakit rujukan Covid-19 maupun tempat isolasi seperti hotel yang ditunjuk pemerintah dan Wisma Atlet," terang Doddy.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)