PNM dan Telkom Mengakselerasi Ekosistem Digital Dunia Usaha | SWA.co.id

PNM dan Telkom Mengakselerasi Ekosistem Digital Dunia Usaha

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menguatkan sinergi dengan Telkom Indonesia di DigiLand Conference. Kolaborasi strategis ini diresmikan oleh Sunar Basuki, Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi PT Permodalan Nasional Madani  dan  Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom Indonesia demi meningkatkan digitalisasi para pelaku usaha mikro dan ultra mikro.

Dalam kiprah usahanya, PNM berkomitmen untuk mendorong ekonomi kerakyatan agar terus relevan dan tumbuh dengan kebutuhan pasar di era sekarang. Kemudahan akses dengan adanya digitalisasi adalah satu dari sekian tren pasar yang kini digandrungi. Menurut Kemenkop, di akhir 2022 lalu, UMKM go digital sudah mencapai sudah mencapai 32,44%, meningkat 26,6% dari tahun sebelumnya. Pelaku usaha mikro sudah mulai bergulir di halaman e-commerce dan menggunakan transaksi cashless.

Terhitung dari 14,6 juta nasabah binaan PNM di 35 provinsi, hanya 8-10% yang menggunakan Internet/Mobile Banking dan hanya 6% yang sudah berjualan di e-commerce (UGM, 2022).

“Kita harus ketahui target nasabah PNM itu adalah perempuan prasejahtera yang bagi mereka untuk membuka aplikasi e-commerce saja itu sudah di atas angan-angan. Tetapi kami tetap komit untuk membantu mereka naik kelas,” papar Sunar dalam diskusi DigiLand Conference 2023 di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Sunar, WhatsApp Commerce menjadi salah satu bentuk aplikasi yang tepat dengan karakteristik dan kebutuhan nasabah PNM. Aplikasi ini juga menjadi bentuk kerja sama dengan Telkom Indonesia.

Kerja sama dengan Telkom Indonesia diharapkan dapat mendorong terus PNM dalam mewujudkan nasabah yang naik kelas. Strategi pemberdayaan PNM seperti yang disebutkan  Sunar sebelumnya harus memerhatikan kemampuan nasabah, pendampingan dan aplikasi yang tepat guna. Salah satunya adalah aplikasi kerjasama dengan Telkom Indonesia yakni WhatsApp Commerce.

“Untuk target pelaku usaha mikro tadi, kami siapkan aplikasi dari Telkom yang sesuai dengan kebutuhan, ditunggu saja,” ujar Direktur Utama Telkom Indonesia, dan F. M. Venusiana R.

Kolaborasi ini menjadi awal mula perjalanan untuk menguatkan kembali tulang punggung Indonesia, UMKM. Mencakup masyarakat Indonesia yang luas dengan berbagai kebutuhannya akan baik dengan adanya kolaborasi antara beberapa pihak. Kehadiran PNM memberikan sekelumit gambaran tentang masih banyak masyarakat Indonesia yang memerlukan pendampingan digital untuk maju. Dengan kehadiran Telkom, pendampingan dan pelatihan ini akan semakin terakselerasi.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)