Pocophone Sasar Segmen Ponsel Speed Tinggi di Indonesia

Alvin Tse, Head of Poco Global

Pocophone by Xiaomi meluncurkan produk pertamanya, Pocophone F1, di Jakarta (27/8/2018). Sebagai brand yang bernaung di bawah brand Xiaomi, ponsel ini mengoptimalkan produknya pada kualitas performa dan kecepatan.

Fitur yang digunakan untuk mendukung aspek tersebut adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 845 platform, sistem pendingin LiquidCool Technology, 6GB RAM dan 128 GB memori internal, kamera depan 20MP, serta bateral 4.000mAh. Sementara itu, harga pasaran yang dibanderol untuk Pocophone F1 adalah Rp 4.499.000.

Alvin Tse, Head of Poco Global pada acara peluncuran Pocophone F1 mengatakan bahwa Pocophone tidak ingin mengikuti tren tidak sehat yang menyebabkan harga ponsel pintar semakin meningkat, Kompetisi produsen ponsel pintar semakin ketat, yang membuat setiap produsen terus meningkatkan spesifikasinya.

Hal ini membuat harga ponsel pintar turun meningkat, padahal di dalamnya banyak fitur yang sebenarnya jarang dipakai orang-orang. "Kami memutuskan untuk fokus pada peningkatan performa kecepatan  dan  tiga aspek penting; baterai, kamera, dan experience. Kalau kita mencoba menjadi yang terbaik di segala hal, kita tidak dapat jadi yang terbaik dalam hal apapun," dia mengungkapkan.

Ia juga menjelaskan, Pocophone menjadi subrand Xiaomi. Saat ini industri ponsel pintar semakin kompetitif. Kalau kita tidak punya sumber daya, akan sulit menghapuskan pemikiran tersebut. Pocophone memiliki tim kecil, tanpa backing Xiaomi, akan sulit untuk membangun pendapat yang bagus. "Kami ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda pada pasar. Kami mendapat semua perhatian dan akan tetap menjadi sub-brand Xiaomi," ujarnya.

Pocophone, menurut Alvin, tidak akan menganggu pasar Xiaomi, dikarenakan keduanya menghadirkan produk dengan positioning berbeda. Xiaomi membangun ponsel dengan fitur dengan kemampuan yang seimbang, sementara Pocophone membangun ponsel yang fokus pada satu aspek. “Sama seperti kalau kita membeli motor, di pasar, Anda bisa memiliki produk yang cepat, memiliki desain bagus, dan nyaman dikendaraan. Tapi, untuk yang menyukai kecepatan, ada produk yang memfokuskan diri pada kecepatan kendaraan," dia menegaskan.

Alvin juga mengungkapkan, alasan dipilihnya aspek kecepatan pada produk ini adalah semua hal baik muncul setelah performa. Misalnya, bila sebuah ponsel memiliki fitur kamera yang bagus, namun lambat saat mengambil gambar, tentu akan sangat menganggu.

Untuk pemasarannya, Pocophone bekerja sama dengan Lazada dalam peluncuran ini. Pocophone F1 akan diluncurkan tanggal 30 Agustus 2018 di Lazada, Mi.com, dan Mi Store.

Sejauh ini, Pocophone menggunakan infrastruktur, misalnya supply chain, milik Xiaomi. Meski begitu, Alvin mengatakan, brand ini akan meluncurkan fanbasenya sendiri, Pocofans.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)