Popcon Asia 2016 Targetkan 40 Ribu Pengunjung

IMG_7666

Popcon Asia (Popular Culture Convention Asia) kembali di gelar untuk kelima kalinya. Pameran industri kreatif ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 12-14 Agustus 2016. "Popcon Asia sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 dilatarbelakangi oleh tingganya potensi industri kreatif di Indonesia namun tidak ada wadahnya. Untuk itu kami buatkan wadah untuk berjejaring, berbagi, berkolaboasi dan meningkatkan kemampuan bagi kreator," ujar Grace Kusnadi, CEO Revata.

Tahun ini, pengetahuan tentang hak atas kekayaan intelektual (HAKI) menjadi poin utama karena semakin banyak kasus yang terkait dengan HAKI. Ari Juliano Gema, Deputi Fasitasi Hak Kekayaan Intelektual & Regulasi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), mengatakan Bekraf akan memberikan dukungan finansial dan juga teknis mengenai pendaftaran HAKI dan akan membawa 15 konsultan HAKI dalam acara ini agar para pelaku industri kreatif dapat berkonsultasi mengenai HAKI secara gratis. Bekraf menargetkan minimal 1.000 pendaftaran HAKI di Popcon Asia 2016.

Mengusung tema revolusi, Popcon Asia 2016 mendorong para kreator lokal untuk berkolaborasi. Selain kreator film, animasi, games, komik, dan musik, tahun ini Popcon Asia juga turut mendatangkan kreator street art. Menggandeng Korean Cultural Center Indonesia, Park Taejoon, Webtoon Comic Artist, akan datang ke Popcon Asia 2016 untuk berkolaborasi dengan Dhado Wacky, Street Artist Indonesia. Institut Francis d'Indonesie membawa Normaal Studio (studio yang memproduksi series Peanut), NewSide Studio, dan Director Chelebourg untuk mempresentasikan hasil inovasi karya virtual reality.

Beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain pameran yang diikuti oleh 2.010 peserta, master class, temu jumpa, workshop, poppaganda art challenge, grafiti life painting, tabletopia, portofolio review, comic strip challenge, dan art kosasih award. Beberapa kreator yang akan hadir antara lain Artime Joe, Alti Firmansyah, Paulus Hyu, Jhosephine Tanuwidjaya, Jessica Kholine, Eric Noah, Emte, Evi Shelvia, Dona Conrad, Dennis Adishwara, Arteyu Moniaga, Dini Marlina, C. Suryo Laksono, Bryan Lie, Sweta Kartika, Stanley Lalu, Ross Tran, Peter Van Dongen, Lius Lasahido, Garrie Gaston, dan Faza Meonk.

"Tahun lalu, Popcon Asia didatangi oleh 37 ribu pengunjung. Tahun ini kami targetkan sekitar 40 ribu pengunjung. Mengenai nilai transaksi tahun lalu, sulit bagi kami untuk melacaknya karena banyak transaksi yang terjadi setelah Popcon berakhir," jelas Grace. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)