Popularitas Merek di Ranah Digital Kunci Memenangkan Persaingan

Kunci memenangkan persaingan

Popularitas brand di ranah digital menjadi kunci untuk memenangkan persaingan dalam era adaptasi kebiasaan baru. Pengelola merek dituntut lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan teknologi digital dalam mengidentifikasi tren, perkembangan bisnis, kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan demikian brand akan semakin dikenal secara digital, dan menjadi kunci memenangkan persaingan yang semakin sengit.

"Para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 adalah brand-brand yang telah beradaptasi dengan baik terhadap era disruptif teknologi saat ini. Pengelola merek tidak hanya semakin kreatif dalam berfikir dan bertindak, namun juga konsisten dari upaya mengelola merek di ranah digital secara berkesinambungan dalam membangun dan membesarkan mereknya," kata Tri Raharjo, Chief Executive Officer Tras n Co Indonesia pada acara Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 (27/10/2020).

Dalam acara dengan tema Branding in the New Normal, acara yang digagas atas kerja sama Infobrand, Trans n Co dan IMFocus Digimarketing Consultant selaku Certified Google Partner, memaparkan bagaimana merek-merek yang unggul di ranah digital. Merek-merek tersebut diaggap sukses membangun top of digital awereness, top of digital search, top of digital traffic serta meningkatkan engagement brand melalui media digital atau internet sehingga unggul dan populer dibanding merek lainnya.

Menurut Tri, merek harus terus bergerak cepat dan lincah mengikuti arah perubahan lingkungan bisnis dalam menyongsong era revolusi industri generasi keempat ini. Karena kemajuan sebuah merek sangat ditentukan oleh bagaimana cara kita untuk mampu adaptif terhadap perkembangan zaman, kemudian menghadirkan brand ke hadapan pelanggan potensial melalui cara yang mudah dan simpel.

Untuk menentukan para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, telah dilakukan Survei Indonesia Digital Popular Brand Index 2020 pada bulan Juni 2020 – Agustus 2020 kepada 235 kategori produk dan lebih dari 1.500 brand tersurvei di Indonesia melalui tiga parameter penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based. Dari 235 kategori yang disurvei lalu menemukan 10 kategori teratas dalam daftar Ulasan Halaman Mesin Pencari Terbanyak dan Rata-Rata Pencarian Terbanyak.

Adapun 10 kategori dengan ulasan halaman mesin pencari, kategori Vitamin C mendominasi dengan persentase mencapai 46,70\%. Disusul kategori Sepeda 16,95\%, Blender 11,00\%, Lampu LED 6,31\%, Kipas Angin 4,96\%, Vitamin E 3,94\%, Madu 3,80\%, Mixer 2,69\%, Sepeda Lipat 2,29\%, dan SPBU 1,36\%.

Sementara 10 kategori dengan rata-rata pencarian terbanyak berdasarkan survei, kategori Sepeda mendominasi pencarian dengan persentase 30,15\%. Disusul Vitamin C 26,68\%, Vitamin E 12,89\%, Blender 9,91\%, Mixer 6,44\%, Kipas Angin 4,56\%, Madu 4,05\%, SPBU 2,26\%, Lampu LED 1,74\%, Sepeda Lipat 1,33\%.

Adapun merek-merek yang berhasil menjadi juara digital dan meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yaitu; Haan (Bahan Kue Instan), Prenagen (Susu Ibu Hamil), Lovamil (Susu Ibu Hamil), Cap Kapal (Garam Dapur), Pacific (Sepeda Dewasa dan Seda Lipat), Oxone (Pisau Dapur, Microwave, Setrika, Panci Presto, Blender, Mixer dan Juicer), HIPPO (Powerbank), Freshcare (Minyak Angin Aromatherapy), Madu TJ (Madu), Hot In Cream (Cream Otot), Plossa (Minyak Angin Aromatherapy), Vegeta (Obat Pelancar BAB), Adem Sari (Larutan Penyegar Panas Dalam), Antis (Hand Sanitizer), Soffell (Lotion Anti Nyamuk), Bussan Auto Finance (Pembiayaan Mesin Pertanian dan Pembiayaan Fleet).

Kemudian, Sharp (Air Purifier, Microwave, Blender, Dispenser Listrik, Pemanggang Roti, Air Cooler, dan Air Conditioner). Tekiro (Hand Tools), Milkita (Permen Susu), Campina (Toko Es Krim), Enervon-C (Vitamin C), Natur-E (Vitamin E), Mandiri Utama Finance (Pembiayaan Fleet), My Republic (Internet Berlangganan), Zee (Susu Tulang).

Lalu POS Indonesia (Jasa Pengiriman Uang Non Bank), Confidence (Adult Diapers), Sweety (Popok Bayi), Good Day (Kopi Dalam Kemasan Siap Minum), Artline (Spidol Warna), TrueMoney (Jasa Pengiriman Uang Non Bank) dan Sasa (Sambal Terasi Siap Pakai).

Dan Special Category diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri untuk kategori Magister Manajemen yakni; Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)