Porsche 718 Cayman dan Panamera 4S Siap Mengaspal

Jagad otomotif di Indonesia  memang warna-warni. Ada yang LCGC, mobil pedesaan atau mobil super premium yang harganya puluhan miliar.  Kalau minggu lalu, McLaren, mobil sport mewah dari Inggris meluncurkan mobnil terbarunya, kali ini tak mau kalah Porsche mobil sport asal Jerman juga sudah siap mengaspal di jalanan di Tanah Air.

Adalah PT Eurokars Artha Utama (Eurokars)  --importir resmi dan distributor Porsche di Indonesia, Senin (27/2),  meluncurkan tipe Porsche  718 Cayman dan Panamera di The Pallas, kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Direktur Pemasaran  Porsche Asia Pacific Carl Isenbeck mengatakan, dua model itu  adalah mobil  performa sport car juga nyaman digunakan untuk kendaraan harian. "Mobil ini memiliki performa yang kencang, tapi juga bersahabat ketika digunakan untuk sehari-hari," ujarnya.

Untuk sementara Eurokars enggan memberitahukan harga kedua mobil sport premium tersebut. Yang pasti akan berubah tergantung konsumen yang ingin meng-custom mobilnya. Porsche Indonesia enggan membeberkan harga dua model baru ini.

Porsche 718 Cayman adalah mobil sport mid-engine dengan performa tinggi. Mobil berkarakter balap ini dikenal memiliki stabilitas yang baik sekaligus menampilkan efisiensi. Mobil ini dilengkapi Variable Turbine Geometry (VTG) Turbo yang dapat mencapai 350 horse power (hp) untuk tipe 718 Cayman S dan 300hp untuk 718 Cayman. Generasi baru dari mobil sport yang memulai debutnya dua dekade lalu ini punya konsep mid-engine 718 dengan konstruksi ringan, flat engine empat silinder dan chassis yang tepat.Porsche 718

Mobil yang pada periode 1950 dan 1960 menang di beberapa balapan internasional ini kini memiliki tenaga turbo empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga  maksimum 300 tenaga kuda (hp) untuk kapasitas mesin 2 liter, sementara 718 Boxster S memiliki tenaga  350 hp dengan kapasitas mesin 2,5 liter.

Sistem kemudi secara elektromekanik meningkatkan daya responsif sebesar 10 persen yang membuat 718 Boxster lebih gesit dan mudah dikemudikan. Porsche menawarkan suspensi sport PASM sebagai pilihan pada 718 Boxster S. Sedangkan pada  bagian interiornya, kokpit 718 Boxster punya unsur seperti Porsche Communication Management pada dashboard. Line 718 punya bagian depan yang lebih lebar dan maskulin.

Ciri khas eksteriornya adalah cooling air intakes yang lebih besar pada bagian depan. Di bagian depan, ada desain terbaru lampu bi-xenon dengan LED daytime running lights yang terintegrasi. Sebagai opsi, tersedia LED lampu depan dengan four point daytime running lights.

Roda  dengan velg 19 inci merupakan standar dari mobil ini, sementara diameter 20 inci hadir sebagai pilihan. Bagian belakang 718 Boxster sudah dirancang ulang. Tampilannya lebih lebar, aksen strip dengan tulisan Porsche terintegrasi di antara lampu belakang. Kedua model ini mengkonsumsi bahan bakar 6.9 sampai 8.1 litres per 100 kilometernya.

Sedangkan Porsche Panamera baru ini hadir dengan tampilan yang lebih segar. Desain model 2017 memiliki dimensi 35 milimeter lebih panjang, 5mm lebih luas, dan 5mm lebih tinggi dari pendahulunya. Tampilannya terlihat berbeda, dengan bumper yang dilengkapi ventilasi udara, grille, lampu LED, pipa knalpot besar, dan sayap di belakang. Bagian kabin dilengkapi dengan dasbor baru. Ini membuat pengendara akan merasa lebih nyaman, Porsche mengganti berbagai tombol di dasbor dengan layar sentuh. Monitor 12,3 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan sistem navigasi ditanam di tengah dasbor.

Mesin V8 berkapasitas 4,0 liter dengan turbo memiliki tenaga 542 bhp dan torsi 770 nm sehingga sanggup membuat mobil berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 3,8 detik. Sementara mesin V6 yang dipakai berkapasitas 2,9 liter dengan twin turbo bertenaga 434 bhp dapat membuat Panamera terbaru melaju dari 0-100 km per jam dalam 4,2 detik.

Untuk versi diesel, Porsche mengandalkan mesin v8 bertenaga 416 hp dan torsi atas 850 nm. Porsche Panamera diesel mampu mencapai kecepatan 0-100 km per jam pada hitungan 4,3 detik dengan kecepatan maksimum 284,8 km per jam. Porsche Panamera terbaru dibanderol mulai 113.027 euro atau sekitar Rp 1,64 miliar.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)