Potensi Pasar Susu di Indonesia Masih Gurih

Upaya Fonterra untuk terus memperkuat lini bisnisnya di Indonesia memiliki alasan yang kuat. Pasalnya, konsumsi susu di Indonesia saat ini masih 11 liter per kapita tiap tahun. Angka ini masih jauh di bawah konsumsi susu warga Singapura yang mencapai 51 liter per kapita.

"Ada potensi pertumbuhan konsumsi susu, dari kenaikan jumlah kelas menengah di Indonesia," terang Stanly Goh,  Director Regional Asia, Middle East and Africa Fonterra, di Kemayoran Jakarta.

Nilai pasar susu termasuk produk susu di Indonesia mencapai US$ 4 miliar per tahun. Adapun Fonterra mengklaim mampu mereguk pasar 4,5% dari total pangsa pasar.

Meski kontribusi penjualan Indonesia masih kecil jika dibandingkan negara lain, terutama jika dibandingkan di Amerika Serika. Namun, Fonterra melihat adanya potensi pasar yang lebih besar di Indonesia.

Hal ini tergambar dari kinerja penjualan Fonterra yang diklaim tumbuh double digit pada periode Agustus 2015-Juli 2016. Per Juni, dari volume penjualan tumbuh 20% sedangkan nilainya naik 30%.

Sejauh ini penyumbang penjualan terbesar dari produk Anlene. Produk ini menguasai pangsa pasar hingga 60%. Setelah itu, sumbangan penjualan Fonterra lainnya disokong dari produk Anmum, Anchor dan Food Services.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)