Prediksi Grant Thornton untuk Iklim Bisnis Indonesia

Grant Thornton Indonesia sajikan laporan International Business Report (IBR) untuk semester dua 2019. Lonjakan ekspektasi pelaku bisnis Indonesia atas keuntungan usaha melonjak hingga 84% dari survei periode sebelumnya yaitu pada 70%. Angka tersebut juga tercatat merupakan rekor tertinggi dari survei-survei IBR sebelumnya, serta jauh lebih tinggi dari angka rata-rata ASEAN dan Asia Pasifik yang masing-masing ada di angka 69% dan 54%.

Tren positif tersebut juga diikuti dengan meningkatnya ekspektasi pendapatan pelaku bisnis Indonesia dari 85% pada laporan di periode sebelumnya menjadi 87% di periode kali ini.

“Ekspektasi pendapatan maupun keuntungan usaha yang positif merupakan sinyal baik dari market atas perkiraan iklim usaha untuk 12 bulan ke depan,” jelas Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani.  

Optimisme pelaku bisnis Indonesia juga menempati posisi tertinggi kedua secara global setelah Vietnam dan berada di level 78%, jauh di atas rata-rata negara Asia Pasifik dan ASEAN yang masing-masing berada di level 56% dan 59%.

Berbagai respon positif yang ditunjukkan pelaku usaha dari sisi optimisme bisnis serta harapan atas pendapatan dan keuntungan ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi atau gross domestic product (GDP) Indonesia tahun ini yang diperkirakan naik menjadi 5.2%.

“Indikator makro positif dan antusiasme dari sisi pelaku usaha adalah bentuk optimisme bisnis yang akan berimbas positif terhadap pasar, hal tersebut menjadikan Indonesia salah satu negara dengan kemungkinan pertumbuhan ekonomi terbesar di tahun depan,” kata Johanna.

Data survei diperoleh melalui wawancara dengan lebih dari 5,000 responden di jenjang eksekutif, managing director, chairman atau eksekutif senior lainnya dari semua sektor industri yang dilakukan pada periode Semester 2 2019. 

Grant Thornton Indonesia  adalah perusahaan penyedia jasa audit, tax, dan advisory. Kini, tim Grand Thornton telah berada di lebih dari 130 negara. Grand Thorn Indonesia sendiri telah berkontribusi memberikan solusi kepada perusahaan nasional, multinasional, BUMD, dan BUMN.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)