Presiden Jokowi: Perluas Ekspor ke Pasar Non-Tradisional


Presiden Joko Widodo meresmikan pameran dagang yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag), Trade Expo Indonesia (TEI) 2018, di ICE BSD Tagerang Selatan.

Pada sambutan pembukaannya, Presiden menyampaikan apresiasi kepada perhelatan ini dan menyebutnya sebagai kesempatan untuk meningkatkan ekspor Indonesia di kancah perdagangan internasional.

“Ini kesempatan bagus, apalagi tren ekspor nonmigas kita mengalami kenaikan 9,29% sepanjang Januari hingga September ini. Momentum ini harus dimanfaatkan agar bisa meningkat lagi. Perang dagang yang terjadi saat ini justru juga bisa menjadi peluang. Pemerintah juga sudah dan akan menambah lagi insentif-insentif agar semakin banyak yang terdorong ke pasar ekspor,”ujarnya.

Presiden berharap para eksportir dan pemerintah bisa memperluas ekspor ke pasar-pasar yang belum terjamah. “Terus perlebar penetrasi untuk pasar-pasar nontradisional, banyak sekali seperti Asia Selatan, Rusia, Timur Tengah, Afrika, Turki, Pakistan. Ini peluang besar yang tidak digarap bertahun-tahun,” ujar Presiden.

Terkait tema perhelatan yakni Creating Products for Global Opportunities, Presiden mendorong para pelaku usaha agar bisa terus memperbarui produk-produk yang sesuai permintaan pasar. “Mengenai creating Product, agar pelaku usaha terus memperbarui produk sesuai demand pasar, juga creating terkait promosi, baik langsung seperti melalui pameran maupun lewat online,” tambahnya.

Sementara itu, Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan RI, mengatakan, perkiraan total nilai kontrak dagang adalah sekitar US$ 5,19 miliar yang terdiri dari transaksi perdagangan sebesar US$ 513,97 juta dan investasi sebesar US$ 4,68 miliar. “Nilai ini tentunya akan terus bertambah pada saat penyelenggaraan bahkan setela TEI,” ujar Enggartiasto.

Selain itu, pada acara pembukaan pameran juga dilakukan pemberian penghargaa Primaniyarta Award kepada 26 perusahaan yang giat melakukan ekspor, dengan kategori Eksportir Berkinerja, Eksportir Pembangunan Merek Global, Eksportir Pelopor Pasar Baru, dan Eksportir Potensi Unggulan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)