Management Trends zkumparan

Prodia Tingkatkan Kompetensi dan Kapabilitas SDM Melalui ProU

Prodia Tingkatkan Kompetensi dan Kapabilitas SDM Melalui ProU
Peluncuran Prodia Corporate University

Berupaya untuk mengembangkan kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM), PT Prodia Widyahusada Tbk meluncurkan Prodia Corporate University (ProU) sebagai salah satu langkah strategis dalam mewujudkan visinya sebagai Centre of Excellence di bidang layanan kesehatan.

Dengan adanya ProU, setiap insan Prodia diharapkan dapat terus mengembangkan pengetahuan, keahlian, dan kompetensinya agar menjadi individu yang unggul dan berdaya saing tinggi khususnya di bidang layanan kesehatan. ProU telah dicanangkan sejak tahun 2018 dengan melibatkan sejumlah pakar pengembangan SDM, manajemen dan karyawan.

Adapun hasil dari program ProU 2018 di antaranya pembuatan Quality Manual dan Learning Value Chain (mulai dari pembuatan kurikulum, silabus, kursus dan modul sampai dengan pembuatan learning impact measurement). Direncanakan, pada 2019 terdapat lima program unggulan ProU yaitu Branch Manager Readiness (BM Readiness), Talent Acceleration Program, Prodia Leadership Program (PLP), Immediate Sales Program, dan Customer Service Prodia Way.

“ProU merupakan inisiatif strategis Prodia untuk menciptakan insan Prodia yang kompeten dan kapabel sebagai World Class Healthcare Provider. ProU diharapkan dapat memperkuat SDM Prodia untuk mencapai pertumbuhan bisnis serta memastikan inisiatif pembelajaran yang dilakukan agar memiliki dampak yang siginifikan terhadap bisnis Prodia,” tutur Dewi Muliaty, Direktur Utama Prodia.

Metode pembelajaran di ProU didukung oleh sarana teknologi informasi berupa Learning Management System yang tidak hanya melakukan classroom learning, melainkan juga melalui e-Learning. Hal ini perlu dilakukan mengingat Prodia mempunyai ratusan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tahun 2019, selain melengkapi sarana pembelajaran, ProU melakukan sertifikasi terhadap Learning Technologist & para Facilitator.

Vice Chief Learning Officer Prodia Corporate University, Ampi Retnowardani, menambahkan, misi ProU adalah menyediakan program dan sistem pembelajaran sesuai dengan kebutuhan bisnis. “ProU dapat dipandang sebagai strategic partner untuk bisa membentuk SDM yang memiliki kompetensi dan performa tinggi. Kami terus mendorong insan Prodia untuk mampu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya melalui pembelajaran yang kontinyu di ProU,” tambah Ampi.

Saat ini, Prodia memiliki sekitar 3.600 karyawan, dengan rata-rata 20 training hours per karyawan. Juga, menyediakan beasiswa sekolah lanjutan bagi karyawan dengan kriteria tertentu. Jumlah karyawan yang menerima beasiswa dari perseroan sampai dengan 2018 adalah 302 orang yang terdiri dari jenjang pendidikan Diploma (D3) sebanyak 163 orang, jenjang pendidikan Sarjana (D4/S1) sebanyak 9 orang, Master & Doctor (S2 & S3) sebanyak 130 orang.

AVP Human Capital Prodia, Ida Zuraida, mengatakan, ProU ini menjadi komitmen bersama seluruh manajemen Prodia. ProU tidak hanya berfungsi sebagai respons untuk mengurangi competency gap, namun lebih dari itu, setiap program di ProU akan memberikan pembelajaran yang komprehensif kepada setiap insan Prodia, tidak hanya pembelajaran terkait technical skill namun juga memastikan penerapan falsafah Prodia melalui pembelajaran dapat terus ditingkatkan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved