Produk By.U Bidik Pasar Gen Z

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (tengah) saat peluncuran by.U (foto: Ino)

Segmen Gen Z diperkirakan sekitar 44 juta orang, merupakan segmen masa depan telko di Indonesia. Segmen ini sangat melek digital, tidak mau repot dan selalu melakukan semua aktivitas secara online.

Demi bisa membidik segmen Gen Z dengan tepat, Telkomsel menghadirkan produk telko dengan cara yang sangat lekat dengan generasi ini. Layanan selular prabayar yang diberi merek By.U ini, merupakan produk digital pertama di Indonesia yang menyediakan pengalaman digital end-to-end untuk seluruh kebutuhan telekomunikasi. 

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini, mengatakan, selama 24 tahun berjalan, Telkomsel telah melayani masyarakat Indonesia melalui ketersediaan jaringan nirkabel terluas di Indonesia, sekaligus menjadi market leader di industri telekomunikasi. Dia percaya By.U akan membantu Telkomsel untuk mempertahankan posisi ini untuk generasi selanjutnya.

Emma menambahkan By.U didesain secara khusus dengan menyesuaikan karakter Gen Z yang mandiri, kreatif, selalu online, dan sangat mengutamakan kebebasan. Karakteristik-karakteristik inilah yang mendasari tiga nilai utama pengembangan yaitu  digitalisasi, personalisasi, dan transparansi.

Lebih lanjut, Emma menjelaskan, Gen Z merupakan digital native pertama yang selalu menjalani keseharian dengan internet dan smartphone dalam genggaman, sehingga mereka sudah sangat akrab dengan gaya hidup digital. “Mereka juga menyukai pengalaman yang dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan. By.U mengakomodasi semuanya dengan layanan  terpadu berbasis aplikasi digital, yang sepenuhnya dapat dikustomisasi oleh mereka,” tambahnya.

Dengan tagline “Semuanya Semaunya” yang menggambarkan kebebasan, para pengguna by.U dapat mengontrol secara penuh layanan-layanan sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Tak hanya itu, semua dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi digital by.U yang ter-install pada smartphone.

Pengalaman digital end-to-end produk ini meliputi  seluruh proses penggunaan layanan, mulai dari pemilihan opsi pesan antar, nomor telepon , kuota internet, kuota tambahan (topping), hingga pembayaran. Kuota internet dapat digunakan pengguna dengan bebas selama 24 jam, di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, 4G).

Strategi menggarap pasar ini dengan menyediakan layanan pesan antar SIM card, yang pada tahap awal tersedia di beberapa daerah yaitu Bogor, Sukabumi, Cianjur, Depok, serta beberapa kampus yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran (Jatinangor), Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya. Untuk tahap selanjutnya, layanan pesan antar akan mencakup wilayah yang lebih luas.

Emma berharap kehadiran By.U sebagai layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia merupakan salah satu bukti nyata transformasi Telkomsel sebagai digital telco company yang mengutamakan customer centricity dalam mengembangkan produk dan layanan digital.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)