Produk Kecantikan Lokal Semakin Diminati Konsumen

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan produk kecantikan dan perawatan kulit di masa pandemi kian meningkat, terutama penggunaan produk lokal. Tentunya hal ini turut mendongkrak pertumbuhan bisnis industri kecantikan dan perawatan diri.

Terlihat dari data Tokopedia bahwa kategori kecantikan masih menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling pesat selama Kuartal III-2021 dibanding periode yang sama tahun lalu. Menjelang akhir tahun 2020 lalu, peningkatannya tercatat hampir 2 kali lipat. Adapun produk kecantikan buatan UMKM lokal, yaitu tabir surya, serum wajah, masker wajah, cleanser dan krim wajah menjadi yang paling diburu masyarakat.

Jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh juga meningkat hampir 2x lipat. "Pandemi menjadi momentum bagi para UMKM lokal untuk beradaptasi dengan kehadiran teknologi sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas," ujar Antonia Adega, External Communications Lead Tokopedia dalam konferensi pers secara virtual, Senin (25/10/2021).

Kenaikan penjual dan transaksi ini, kata dia, salah satunya didorong oleh berbagai inisiatif Tokopedia seperti Tokopedia Beauty Awards yang memberikan panggung lebih luas pada pegiat usaha lokal, terutama di industri kecantikan dan perawatan tubuh.

Untuk itu, Tokopedia Beauty Awards akan hadir kembali pada 25 Oktober-10 Desember 2021. Ajang penghargaan tahunan ini merupakan upaya Tokopedia untuk mendorong produk UMKM lokal kecantikan semakin menjadi pilihan utama masyarakat supaya bisa bangkit bersama membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Masyarakat dapat mendukung UMKM lokal kecantikan favoritnya lewat voting di halaman kampanye Tokopedia Beauty Awards untuk 23 kategori penghargaan hingga 30 November 2021 mendatang. Pemenang akan diumumkan pada Desember 2021 mendatang," kata Adega.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pemenang akan mendapat berbagai benefit, antara lain exposure lebih tinggi karena akan tampil di kampanye besar Tokopedia salah satunya Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show, pelatihan manajemen bisnis dari pakar, dukungan modal untuk pengembangan bisnis, dan masih banyak lagi. "Dukungan masyarakat tentu akan sangat berarti bagi para pegiat UMKM lokal di bidang kecantikan dan perawatan diri. Dukung terus UMKM lokal agar merajai di negeri sendiri," ujar Adega lagi.

Beauty Influencer, Kiara Leswara mengapresiasi langkah Ini. Karena menurutnya, industri kecantikan lokal saat ini sudah semakin berinovasi sehingga kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk asing. Ia pun optimistis ke depan industri kecantikan lokal akan semakin bertumbuh dan berkembang.

"Dulu brand kecantikan lokal hanya ada alas bedak, bedak padat, lipstik yang diputar, dan pensil alis. Jadi benar-benar terbatas bahkan warnanya pun hanya sekitar 3-4 warna. Itu salah satu alasan orang jadi takut memakai make-up karena takut tidak cocok dengan warna kulitnya. Berbeda dengan sekarang, sudah banyak berinovasi, banyak formula dan warna baru. Sudah benar-benar mendengarkan wanita Indonesia," tutur Kiara.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)