Trends

Produk-produk Favorit di Tokopedia Saat Ramadan hingga Lebaran 2023

Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. (Dok Tokopedia)

Momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal untuk mendongkrak penjualan. Selama Ramadan, terdapat produk-produk yang banyak dibeli oleh masyarakat secara daring melalui Tokopedia.

“Perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023. Temuan ini sejalan dengan kondisi di mana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Beras, mie instan, dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di layanan Tokopedia Now sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023. Layanan ini mempermudah masyarakat untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran.

Di kategori Fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran tahun ini. Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. “Kami mencatat kurma, madu dan parcel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” ucap Ekhel.

Sementara jarak terjauh untuk pengiriman parcel melalui Tokopedia pada periode Ramadan-Lebaran 2023 ini adalah dari Jakarta ke Jayapura. Keberhasilan pengiriman pada peak season seperti Ramadan dan Lebaran berkat kolaborasi bersama lebih dari 14 mitra logistik.

Tokopedia juga menyediakan berbagai pilihan tiket transportasi umum, salah satunya pesawat. “Kami mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyak terjual selama Ramadan 2023 yaitu ke Sidoarjo,” ujar Ekhel.

Sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming “Jam ngabuburit (setelah ashar dan sebelum maghrib) merupakan waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menikmati tayangan,” ucap Ekhel.

Tokopedia bersama lembaga kemanusiaan juga menyediakan pembayaran zakat secara online. “Selama Ramadan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp 5 miliar zakat terkumpul di Tokopedia,” tutur Ekhel.

Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif untuk pelaku usaha agar bisa memaksimalkan penjualan, salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal. Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di manapun mereka berada. “Data internal Tokopedia menunjukkan lebih dari 40% pesanan yang dilayani Tokopedia selama Ramadan 2023 dikirim menggunakan layanan pengiriman instan,” kata Ekhel.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved