Produk Sunscreen Asal Jepang Ini Ramaikan Pasar Indonesia

Peluncuran Anessa produk perawatan kulit di bawah Grup Shiseido Cosmetics Japan

Walau saat pandemi kita lebih banyak berada di rumah, bukan berarti mengabaikan perawatan kulit wajah. Terlebih saat pandemi, berjemur sangat dianjurkan demi menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, diperlukan produk yang bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Sayangnya ini kurang disadari masyarakat Indonesia, negara tropis yang kaya sinar matahari.

Anessa produk perawatan kulit asal Jepang, di bawah Grup Shiseido Cosmetics Japan, melihat potensi pasar Indonesia. Bukan saja dilihat dari jumlah penduduk, tapi juga masih kurangnya pemahaman masyarakat terutama wanita dalam merawat kesehatan kulit dari sinar UV (ultra violet).

Apalagi di asalnya, berdasarkan data Intage Sri Sunscreen Market, Anessa sejak November 2000 sampai Oktober 2019, berdasarkan value share di pasar sunscreen, Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare SPF 50+ PA++++, berada di posisi teratas selama 19 tahun berturut-turut. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri, Anessa untuk meramaikan pasar Indonesia.

Dengan konsep beauty sunscreen, Anessa diklaim sebagai sunscreen pertama di dunia dengan Triple Defense Technology dan manfaat perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini yang aman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Inovasi Triple Defense Technology yaitu Thermo Booster Technology, Aqua Booster EX Technology ISuper Waterproof menjadikan perlindungan UV lebih kuat saat terpapar sinar matahari, air dan keringat. 

“Shiseido Group dengan misi Beauty Innovations for A Better World ingin mewujudkan dunia yang lebih baik melalui inovasi kecantikan, di mana orang hidup dalam kebahagiaan dan keindahan tidak terbatas. Untuk itulah Anessa dibuat dari hasil dari penelitian sinar UV yang panjang. Formula skincare yang terkandung di dalamnya mampu mencegah dampak buruk sinar UVA dan UVB pada kulit,” ujar Presiden Direktur PT Shiseido Cosmetics Indonesia, Jun Kinumaki pada saat virtual launch Anessa di Jakarta (23/09/2020).

Brand Manager Anessa Indonesia, Maharani Anindita mengungkapkan Indonesia merupakan negara ke-7 yang dirambah Anessa di Asia. Sebelumnya, Anessa telah hadir di Korea, Taiwan, Thailand, Vietnam dan Singapura. Dalam meningkatkan awareness, dalam kampanyenya Anessa mengusung tagline Beauty Sunscreen for All Day Fun.

"Dengan tagline tersebut, Anessa ingin mengajak wanita Indonesia agar dapat menikmati hidup lebih bebas dan aktif setiap hari, baik di dalam maupun di luar ruangan, namun kulit tetap cantik bersinar hari ini dan esok. Tinggal di negara tropis membuat masyarakat Indonesia hampir setiap hari terpapar sinar matahari yang cukup terik melalui produknya yang dilengkapi kandungan SPF 50, PA++++, yang mampu memberikan perlindungan sinar UV dengan sempurna, serta formula skincare-nya membantu mencegah dampak dari sinar UVA dan UVB pada kulit,” tegasnya.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr.  Arini Astasari Widodo Sp.KK  menegaskan pentingnya merawat kulit dari sinar UV bahwa sekitar sekitar 80% penuaan dini disebabkan oleh sinar UV, seperti bercak hitam, keriput, hilangnya elastisitas kulit, tekstur kulit kasar, dan pelebaran pembuluh darah (telangiektasia).

“Banyak orang yang merasa karena kulitnya tidak terpapar sinar matahari maka tidak perlu menggunakan sunscreen. Sembilan puluh persen (90%) sinar UV dapat menembus awan dan UVA dapat menembus kaca jendela, sehingga berada di tempat teduh atau di dalam ruangan tidak berarti kita tidak memerlukan perlindungan dari sinar UV. Sinar UV dapat mengakibatkan penuaan, kulit terbakar, masalah pigmentasi kulit (flek kulit), memicu beberapa penyakit kulit yang sensitif terhadap cahaya UV, serta tumor jinak dan tumor ganas (kanker) kulit,” papar dr. Arini.

Dita menambahkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk melindungi kulit dari paparan sinar sinar UV masih rendah. “Untuk menghindari paparan sinar matahari, orang Indonesia cenderung memakai payung, berjalan di tempat teduh, menutupi wajah dan memakai baju tertutup. Dengan hadirnya Anessa di Indonesia kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penggunaan sunscreen sehingga masyarakat Indonesia dapat bersahabat dengan matahari dan berinvestasi di masa depan agar terhindar dari penuaan dini,” kata Dita.

Sebagai perusahaan kecantikan yang telah hadir di dunia selama lebih dari 140 tahun, Shiseido Group melakukan penelitian dampak negatif dari sinar UV dari tahun 1915. Anessa yang diluncurkan di Jepang pada tahun 1992 merupakan kristalisasi dari hasil penelitian dan pengembangan Shiseido tentang perlindungan sinar UV selama lebih dari 100 tahun. Saat ini Anessa menggunakan kanal daring dalam memasarkan produknya seperti di official store Shopee, Watsons, Sociolla, Lazada, Tokopedia, JD.ID, dan Blibli.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)