Produksi Pertanian Meningkat Lebih 22% Setelah Gunakan SIPINDO

Aplikasi Sistem Informasi Pertanian Indonesia (SIPINDO) Powered by Smartseeds yang diluncurkan oleh perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO) atau dikenal dengan ‘Cap Panah Merah’ berdampak positif bagi petani Indonesia.

Hal ini terungkap dalam kunjungan CEO SIPINDO Muhammad Reza Hanjaya dan Program Manager Space for Sustainable Development Netherlands Space Office (NSO) Ruud Grim ke petani pengguna SIPINDO di Lampung yang mengaku produksi pertaniannya meningkat hingga lebih dari 22% setelah memanfaatkan aplikasi ini.

Para petani juga mengaku penggunaan pupuk menjadi lebih efisien dan pertumbuhan tanaman maksimal. “Melalui fitur ‘Anjuran Pemupukan’ di SIPINDO penggunaan pupuk menjadi lebih irit dan hasil panen menjadi lebih optimal,” kata Dardi, perwakilan petani. Saat ini layanan rekomendasi pemupukan masih baru bisa digunakan di area Pulau Jawa dan Lampung.

Dardi,  petani asal Jatimulyo mengatakan berkat memanfaatkan SIPINDO melalu fitur cuaca harian dia menjadi tahu prediksi kapan akan terjadi hujan, sehingga bisa mengambil keputusan aktivitas pertanian apa yang akan dia lakukan di hari tersebut.

Reza menjelaskan, SIPINDO memiliki banyak sekali fitur yang diharapkan mampu membantu petani mulai dari memprediksi cuaca secara lebih detail, merekomendasikan jumlah pupuk yang diperlukan berdasarkan lokasi dan juga panduan untuk melakukan praktik pertania yang baik dan benar untuk menuju pertanian berkelanjutan. “Aplikasi yang dikembangkan oleh EWINDO ini sekaligus menjadi wujud semboyan kami yakni menjadi sahabat yang paling baik untuk petani,” tegasnya.

Aplikasi berbasis Android ini merupakan inisiasi EWINDO atas pengalaman lebih dari 30 tahun pada pengembangan bisnis benih hortikultura di Indonesia. Sejak diluncurkan pada April 2017 lalu, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 120 ribu petani yang menjangkau daerah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali-Nusra, Sulawesi hingga Papua. Pertumbuhan pengguna terbesar di Jawa sebesar 54,2 persen dan Sumatera 22,5 persen.

Di acara kunjungan ini, Reza sebagai pihak yang menginisiasi SIPINDO Powered by Smartseds berkesempatan bertemu muka dan berdiskusi dengan para petani pengguna aplikasnya. Para petani menyampaikan pengalamannya menggunakan aplikasi SIPINDO yang  membantu dalam keberhasilan budidaya mereka

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)