Profesionalisme Manajemen Kuatkan Positioning Matahari

Corporate Secretary & Legal Director PT Matahari Department Store Tbk., Miranti Hadisusilo (kiri) menerima piagam peresmian MasterCard Holiday Season Sale at Matahari 2015 lalu.

Menjadi perusahaan yang mampu bertahan melewati beberapa zaman merupakan prestasi tersendiri. Hal ini dibuktikan oleh PT Matahari Department Store (Matahari) di usianya yang lebih dari setengah abad. Pada Oktober 2017 nanti, Matahari genap 59 tahun mewarnai industri fesyen ritel di Tanah Air.

Berbagai langkah strategi diterapkan dalam pengelolaan perusahaan, mampu memanfaatkan peluang dan terus berkembang melakukan inovasi menjadi beberapa cara yang Matahari jalankan. Matahari juga mampu beradaptasi dengan memberikan produk yang sesuai dengan tren masa kini. Menurut Corporate Secretary & Legal Director PT Matahari Department Store Tbk., Miranti Hadisusilo, kesuksesan ini tak terlepas dari peranan manajemen profesional dalam pengelolaan bisnis perusahaan Matahari Department Store.

Matahari Department Store merupakan bagian dari PT Matahari Putra Prima Tbk. Namun, di tahun 2009 menjadi sebuah entitas tersendiri agar lebih berfokus di bidang department store. “Saat ini, Matahari telah memperluas jaringan ritelnya di Indonesia dan memiliki posisi kuat sebagai department store kebanggaan Indonesia. Tercatat Matahari telah memiliki 156 gerai di 71 kota yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Miranti.

Kemampuannya akan beradaptasi mengikuti perkembangan zaman diwujudkan Matahari sebagai tanggung jawabnya memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berubah, salah satunya dengan kehadiran era digital. Matahari menyambut peluang yang baik dalam bidang digital dengan menciptakan e-commerce MatahariStore.com di tahun 2016 lalu sebagai versi digital dari Matahari Department Store. Saat ini juga telah dilengkapi aplikasi mobile MatahariApp #StylishYou untuk memudahkan belanja secara digital.

Tak hanya itu, bentuk loyalitas Matahari kepada pelanggan diwujudkan dengan kerja samanya dengan BCA untuk memberikan benefit yang lebih kepada para pelanggan Matahari. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Matahari telah membuka Nevada Store, specialty store pertama yang khusus menjual produk-produk eksklusif brand Matahari. Konsistensinya dalam membangun merek dan produk yang kuat diiringi dengan kualitas dan tern fesyen terkini.

“Matahari juga membangun basis pelanggan yang loyal dengan memberikan pelayanan pelanggan terbaik dalam berbelanja. Kini Matahari memiliki total anggota yang aktif sebanyak kurang lebih 4,6 juta,” tambahnya. Untuk proses distribusi dan logistik, Matahari telah memiliki basis kuat melalui pusat distribusi yang memiliki hub-hub di kota besar. Ini membuat Matahari memiliki sistem yang efisien dalam hal biaya dan waktu.

Keberhasilan ini membuahkan banyak penghargaan. Berbagai apresasi diraih, antara lain sebagai Top Brand, Corporate Image Award, IDX Top Ten Blue, Top 50 Public Listed Company, Indonesia’s Top 100 Most Value Brands, dan SWA 100. Penghargaan ini mampu menjadi katalisator untuk menjadi department store modern di Indonesia. Kepercayaan akan nilai brand Matahari juga dibuktikan dengan positioning perusahaan yang telah memiliki lebih dari 50.000 tenaga kerja dari seluruh Indonesia ini.

Pada 2016 laba bersih Matahari sebesar Rp2,02 triliun, naik13,4% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,78 triliun. Sedangkan pendapatan bersih tercatat sebesar Rp9,89 triliun atau 9,9% lebih tinggi dibanding tahun 2015 yang hanya mencapai Rp9 trilin. Untuk market share Matahari di sektor ritel department store tahun 2016 sebesar 40,8%. Keberhasilan ini menjadi trigger untuk lebih fokus melakukan ekspansi dengan semakin meluaskan jaringan gerai ke seluruh Indonesia sejalan dengan mengembangkan e-commerce Matahaari.

Reportase: Sri Niken Handayani

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)