Program Diskon Belanja Nasional Targetkan Transaksi Rp20 Triliun

Pelaku industri ritel yang bergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) akan memberi diskon berskala nasional pada Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) yang digelar bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Acara ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Agustus 2017 mendatang.

HBD Indonesia akan diadakan di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia, dari mulai mal modern, ruko hingga bandara pada 17-20 Agustus 2017. Selain itu, diselenggarakan festival belanja akbar bertajuk Happy Birthday Indonesia Festival yang dimeriahkan oleh beragam hiburan dan acara pada 15-27 Agustus 2017 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Para konsumen akan memperoleh berbagai promosi yang terkait dengan angka 72 yang ditawarkan oleh para peritel yang berpartisipasi. Promo-promo tersebut antara lain diskon hingga 72 persen, harga khusus Rp 72.000, hingga membeli dua barang dengan harga hanya Rp 72.000.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo lduansjah, mengatakan, HBD Indonesia akan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus. Jika sebelumnya pada bulan tersebut tren belanja konsumen diperkirakan mengalami penurunan, khususnya setelah Hari Raya ldul Fitri dan pada saat periode back to school berakhir, kini tidak lagi demikian. Adapun target yang ingin dicapai adalah nilai transaksi sebesar Rp 20 triliun. Ada 500 merek berpartisipasi dari sekitar 200 perusahaan,” ujarnya.

 

Selain para peritel ternama, HBD Indonesia juga melibatkan partisipasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai wujud dukungan terhadap UKM. Penyelenggaraan HBD Indonesia mendapatkan dukungan positif dari sejumlah Kementerian, antara lain Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, asosiasi terkait, serta pemerintah daerah DKI Jakarta. Selain itu, HBDI juga didukung oleh Bank Mandiri.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, acara yang berlangsung pada 15-27 Agustus mendatang ini dapat menggerakan roda perekonomian nasional. Hal ini akan terlihat dari upaya memperbanyak konsumsi masyarakat karena penjualan yang meningkat dan berdampak pada peningkatan perolehan pajak."Ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia sehingga seluruh masyarakat bisa menikmatinya secara bersamaan,” ujar Enggar dalam sambutannya saat konferensi pers acara tersebut, di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta (17/7/2017).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)