Program Literasi Digital Ruangguru Bidik 1 Juta Penonton

Jumlah pengguna internet di Indonesia diramalkan akan semakin tinggi dari hari ke harinya. Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mencatat terjadi kenaikan sebesar 11% pada tahun 2021 atau dari 175,4 juta menjadi 202,6 juta pengguna. Namun sayangnya, peningkatan tersebut tidak berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan literasi digital masyarakat. Sehingga, internet, seringkali menjadi biang keladi dari penyebaran berita bohong, penipuan daring, kejahatan siber, ujaran kebencian, hingga radikalisme berbasis digital.

Menyikapi hal tersebut, Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan, meluncurkan platform belajar daring yang diberinama Ruang Literasi Digital. Ruang virtual tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Ruang virtual yang resmi diluncurkan siang tadi (10/11/2021) itu menyediakan 50 konten edukatif berbentuk animasi disertai infografis di setiap videonya. Cara tersebut diharapkan akan memudahkan pengguna dalam memahami materi yang disediakan.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius W. Pudjianto mengatakan bahwa percepatan transformasi digital merupakan fokus utama yang harus dilakukan semua pihak. “Sebagai negara yang besar, hal ini tentu tidak mudah, namun dapat dilakukan melalui kolaborasi untuk mendukung pengoperasian teknologi oleh masyarakat secara produktif dan bertanggung jawab,” kata dia.

Sebab, menurutnya, literasi digital adalah hal utama yang harus dilakukan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia yang cakap memanfaatkan internet. Menilik survei literasi digital yang dikeluarkan oleh Kemenkominfo pada tahun 2020, Indonesia tercatat memiliki nilai indeks 3,47 dari rentang indeks 1-4. Nilai indeks tersebut menandakan Indonesia berada dalam kategori literasi digital tingkat sedang dan belum mencapai status literasi yang baik.

Ruang Literasi Digital yang bisa ditonton dengan cara cuma-cuma tersebut diluncurkan untuk mendukung percepatan pemahaman literasi digital masyarakat. “Kami berupaya mengedukasi lebih dari 1 juta siswa, guru, dan masyarakat umum lainnya sepanjang program ini berjalan,” kata Amri Ilmma, Kepala Kebijakan Publik Ruangguru.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)