Program Return & Earn Dr Soap untuk Daur Ulang Sampah

Berdasarkan  data  sumber  timbunan  sampah  2018  yang diperoleh  dari  Kementerian  Lingkungan  Hidup  dan  Kehutanan,  rumah  tangga  menjadi penyumbang sampah terbesar sebanyak 62 persen. Seharusnya jika dimanfaatkan dengan baik, sampah bisa menjadi salah satu potensi ekonomi bagi masyarakat. Hal ini perlu mendapatkan perhatian  serius, tidak  hanya  oleh pemerintah, namun  juga seluruh  lapisan masyarakat.

Menyadari hal itu, dr Soap sebagai produk peduli lingkungan menggunakan formulasi ramah lingkungan dengan klaim plant- based & laboratory made ingredients, cruelty-free, paraben-free dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.  Produk ini adalah rangkaian antiseptik premium pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 2015 oleh dua orang co-founder yaitu Eunike Selomith dan Joycellyne Stefanie.

Brand ini terdiri dari berbagai macam varian produk untuk personal care dan household needs dengan kegunaan masing- masing. Mulai dari Hand Antiseptic Spray, Hand Antiseptic Gel dan Hand Wash untuk perawatan diri; lalu Gadget Sanitizer yang menjadi salah satu produk terlaris; Multi- Purpose Spray, Toilet Seat Sanitizer, Fabric Mist, Fabric Care Wash, dan 2 produk yang baru diluncurkan tahun 2021, yaitu Instant Floor Spray dan Fruit + Salad and Dish Wash. Harga produk-produk tersebut dibanderol mulai Rp 35 ribu hingga Rp115 ribu. Produk  dr Soap juga menyediakan kemasan refill isi ulang dengan harapan bisa mengurangi sampah plastik sekali pakai yang bisa menimbulkan masalah pencemaran lingkungan yang cukup serius saat ini.

“Produk dr Soap dibuat secara profesional dan telah lolos uji klinis dari beberapa lembaga resmi terakreditasi di Indonesia. Botol yang digunakan pun memakai jenis plastik PET yang tergolong mudah untuk didaur ulang,” jelas Joycelline.

Menurutnya, produk dr soap sudah berlabel FSC (Forest Management Certification atau Sertifikasi Pengelolaan Hutan) yang memberikan kepastian bahwa produk yang digunakan berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab serta memberikan manfaat baik terhadap aspek lingkungan, sosial dan ekonomi.

“Saya perhatikan bahwa konsumen sekarang jauh lebih tertarik untuk mencari alternatif yang berkepanjangan. Dan kami memahami bagaimana memadukan kreativitas dan untuk menciptakan desain yang sangat menarik yang kompatibel dan lebih rispek terhadap lingkungan," ujar Joycelline.

Untuk merayakan hari jadiinya yang yang ke-6 tahun selama Juni – Juli 2021, dr Soap mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai lebih peduli terdahap kelestarian planet bumi melalui hal-hal kecil yang bisa dilakukan sehari-hari. Untuk itulah diluncurkan program Return & Earn yang berkolaborasi dengan Rekosistem sebagai manajemen pengelolaan sampah bertanggung jawab dan ramah lingkungan.

Tujuan program Return & Earn adalah supaya konsumen dapat dengan mudah mengembalikan kemasan bekas produk dr Soap ataupun brand lain untuk sampah plastik dan kertas. Dengan menyediakan drop box & drop point di beberapa area sekitar Jakarta dan Surabaya, merupakan salah satu upaya agar masyarakat bisa makin teredukasi agar bumi semakin membaik. Drop box & drop point juga menyediakan jasa penjemputan sampah ke rumah masing-masing konsumen yang bebas biaya.

“Kami akan terus mengedepankan moto dr Soap sendiri, yaitu sebagai a life saver. Mimpi lainnya adalah menjadi top of mind untuk basic daily hygiene needs masyarakat Indonesia," kata Euninke Selomith menambahkan. Selain itu, dr Soap menawarkan lebih dari sekedar bisnis,  yakni pengalaman mengemas produk dengan bahan-bahan premium, desain elegan, berkomitmen untuk suistainable, selaras dengan nilai perusahaan yaitu creativity, safety, sustainability.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)