Program Zenius untuk Guru Melancarkan Pengajaran Jarak Jauh

Zenius memperkenalkan program pemberdayaan guru-guru di Indonesia melalui program Zenius untuk Guru. Program ini untuk memfasilitasi para guru terutama yang berada di daerah untuk dapat fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran jarak jauh.

Saat kebijakan pembelajaran jarak jauh dicanangkan pemerintah, Zenius sigap membentuk forum komunitas guru dalam Grup Facebook dan Telegram yang kini memiliki 390 orang anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, meliputi Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara. Platform ini juga memfasilitasi agar sesama gurup dapat memberikan dukungan sosial-emosional satu sama lain utnuk menghadapi tekanan ekstra di tengah krisis.

Chief of Teachers Initiatives Zenius Education, Amanda Witdarmono, mengungkapkan, fleksibilitas menjadi kunci yang harus dimiliki guru pada masa sulit ini, baik dalam hal jadwal, batas waktu tugas, dan komunikasi dengan siswa.

“Apa yang disediakan guru bukan hanay transmisi materi pembelajaran, tetapi perhatian dan komunikasi dalam memfasilitas kebutuhan siswa sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan,” tutur Amanda.

Dalam Zenius untuk Guru, Amanda menyebutkan, Zenius berbagi bagaimana guru dapat mengelola pembelajaran, metode komunikasi dengan siswa dan orang tua, serta diskusi mengenai peluang yangbisa guru lakukan selama proses pembelajaran.

Zenius juga menyediakan materi untuk rencana pembelajaran jangka panjang berbentik file PDF secara gratis.Guru-guru dapat memakai materi dan latihan soal tersebut untuk dibagikan kepada siswa dalam kurun waktu beberapa minggu sekali.

Setiap minggunya, Zenius mengadakan sesi live sharing tanya jawab interaktif untuk guru melalui akun YouTube Zenius dan live chat. Akses untuk bergabung dalam komunitas guru ini bersifat terbuka dan gratis. Sesi tersebut membahas berbagai hal termasuk pelatihan mendasar membuat materi, menyusun jadwal, dan panduan menggunakan platform Zenius, yang masih gratis akses dan kuota jika memakai provider Telkomsel, XL, Tri, dan IM3.

Editor : Eva Martha rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)