Progres Terbaru ITDC Kembangkan Infrastruktur di Kawasan Mandalika

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membangun infrastruktur dasar di kawasan The Mandalika di area seluas 1.175 hektare.

Salah satu progres yang saat ini berjalan adalah pembangunan infrastruktur jalan pada zona timur yang menghubungkan jalan provinsi dari area Sunggung menuju Pantai Gerupuk dan Tanjung Aan yang berada di sisi timur kawasan The Mandalika. Direktur Utama ITDC, Abdulbar Mansoer, mengatakan pihaknya akan meningkatkan kualitas infrastruktur dasar dan konektivitas di kawasan Mandalika.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan investasi dan mendorong kunjungan wisatawan ke daerah ini. “Peningkatan kualitas jalan akses ini akan mempermudah akses dari jalan provinsi ke arah Pantai Gerupuk yang merupakan daerah wisata surfing yang sangat digemari wisatawan karena memiliki gelombang yang unik serta Tanjung Aan,” kata Abdulbar.

Di samping terus menyiapkan infrastruktur dasar dalam kawasan, ITDC juga tengah melakukan percepatan pembebasan lahan enclave dengan prioritas lahan yang terletak di dalam wilayah pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika). Dari total 13,2 Ha lahan enclave, sebanyak 4,6 ha telah dibebaskan dan telah mulai dilakukan pembayaran. Sementara sisanya tengah dalam proses negoisasi.

Proyek ini termasuk ke dalam paket pembiayaan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA). Proyek tersebut meliputi pengaspalan 2 jalur jalan, lebar masing- masing 8 meter dengan Right of way (ROW) sebesar 90 meter untuk total jalan sepanjang 2 km.

Saat ini tengah dilakukan pengaspalan pada satu sisi dan akan dilengkapi dengan bangunan pelengkap berupa pembatas jalan dengan kansteen, saluran terbuka (drainase swale) serta area landscape. Proyek tersebut ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun 2020.

Dalam jangka panjang, jalan akses ini akan dilengkapi penerangan jalan umum (PJU), Pedestrian, dan landscape. Ruas jalan utama pada ruas timur The Mandalika ini nantinya akan terhubung dengan jalan bypass Bandara International Lombok (BIL) menuju Mandalika sepanjang 17 Km yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)