Promosi Pendidikan, Kampus Spanyol Bidik Mahasiswa Indonesia

Gonzalo Martinez Director of Campus Spain (kedua kiri), saat memaparkan Studi in Spain, di Jakarta

 

Melanjutkan studi di luar negeri kian menjadi pilihan. Selain di Amerika, negara-negara Eropa seperti Jerman dan Inggris pun jadi pilihan. Bukan hanya itu, kini Spanyol pun mulai membidik pelajar-pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di negara tersebut. Untuk mempromosikan pendidikan dan universitas yang ada di Spanyol, Kedutaan Besar Spanyol bekerjasama dengan Campus Spain menggelar acara tahunan yang bertajuk “Studi di Spanyol”.

Acara ini untuk menjelaskan lebih detail tentang program apa saja dan kesempatan yang ditawarkan bagi para murid di Indonesia. Perlu diingat bahwa Campus Spain merupakan institusi swasta dari Spanyol yang mendapatkan otoritas penuh dari pemerintah Spanyol dalam membantu murid-murid internasional dari seluruh dunia yang ingin melanjutkan studi di Spanyol.

Menurut Dewi Puspasari,  Managing Director & Representative Campus Spain kantor cabang Indonesia, tahun 2017 ada 116 siswa Indonesia. Setelah 1 tahun, Campus Spain melihat bahwa antusiasme murid Indonesia meningkat. Tahun 2018, saat sudah ada 10 murid yang masuk dan kuliah di Spain. "Tahun 2019 target kami akan mendapat 50 siswa & 2020 akan mendapat 100 siswa," kata Dewi.

Diakui Dewi, ada beberapa universitas favorit, tapi itu tergantung major, yang paling banyak diminati seperti engineering di Madrid, Vigo & Valencia. Kemudian pariwisata di Malaga dan Sevilla, arsitektur di Coruna & Valladolid, IT di Granada, kedokteran di Madrid, Navarra dan Santiago, desain di Valencia, Madrid dan Barcelona, fashion di Madrid & Vigo, serta jurusan bisnis di Madrid, Barcelona, Vigo dan Sevilla.

Menurut Gonzalo Martinez, Direktur Campus Spain, Spanyol merupakan salah satu negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan yang paling atraktif dan populer di kalangan mahasiswa-mahasiswi Indonesia. Gonzalo menambahkan, pemerintah Spain akan memberi beasiswa & subsidi biaya pendidikan sampai dengan 80% untuk program Sarjana & Pascasarjana. "Biaya yang harus dibayar oleh siswa dimulai dari Rp 12.500.000/tahun (S1) & Rp 16.800.000/tahun (S2 & S3)," katanya.

Perlu diketahui bahwa studi di Spanyol berarti studi di negara kesatuan Eropa (EU), yang mendapat keuntungan seperti ijazah kuliah sangat direkognisi di negara EU lainnya, akses untuk mendapat beasiswa EU lebih luas, dan tidak perlu mengurus visa lagi jika mau wisata ke negara EU lainnya.

Keuntungan lain dari belajar di Spanyol adalah kemudahan dalam mengurus seluruh dokumen kebutuhan studi dan visa pelajar, serta tidak membutuhkan tes tambahan lain seperti TOEFL, IELTS, ataupun GMAT. Campus Spain akan membantu seluruh proses formal dokumen dari awal hingga akhir. Campus Spain juga memfasilitasi program Espanol LCA (Spanish language, Culture & Adaption to University Course), yang merupakan bentuk kolaborasi dengan Universitas Vigo.

Program ini sangat penting untuk diambil di tahun pertama murid internasional sebelum kuliah di Spanyol. Banyak subjek dan mata kuliah di universitas negeri di Spanyol yang masih menggunakan bahasa pengantar yaitu Bahasa Spanyol.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)