Propan Resmikan Pabrik Cat Berteknologi RPS

PT Propan Dekorindo Raya (Grup Propan Raya) meresmikan pabrik baru berteknologi Rapid Production System (RPS) yang memproduksi cat berbasis air dengan kapasitas 100.000 ton per tahun di Tangerang.

Nilai investasi pembangunan pabrik baru berlokasi di Jalan Gatot Subroto Km 9, Tangerang itu senilai Rp250 miliar. Propan Dekorindo akan memproduksi cat ramah lingkungan berbasis air (water based) di pabrik tersebut sebagai komitmennya menjaga bumi dari pemanasan global.

Hendra Adidarma, Founder dan Presiden Direktur PT Propan Raya, mengatakan, Dekorindo didirikan untuk lebih mengkhususkan pada produksi cat karena Propan Raya ingin mempertahankan menjadi market leader terutama di cat kayu (wood finish).

“PT Propan Raya terus menjadi market leader di bidang cat kayu, bahkan menjadi pemasok cat kayu untuk perusahaan nasional yang berorientasi ekspor. Pembukaan pabrik cat ramah lingkungan ini juga sekaligus merupakan bentuk dukungan PT Propan Raya terhadap aturan pemerintah yang mencanangkan program Go Green. Kami telah menjadi market leade” ungkap Hendra.

Pabrik baru ini akan dioperasikan dengan mesin berteknologi terbaru bernama Rapid Production System (RPS) dari Jerman. Kris Adidarma, CEO PT Propan Raya, menjelaskan bahwa dengan teknologi tersebut produksi bisa menjadi sangat cepat yaitu 25 ton per batch dalam waktu 4 jam, dan produk yang dihasilkan stabil dan konsisten, penggunaan SDM yang sedikit, fleksibel, hemat ruang, serta ramah lingkungan. Ia juga mengatakan bahwa Propan adalah satu-satunya yang menggunakan teknologi RPS di Asia Pasifik.

“Dengan teknologi ini, seluruh proses produksi hingga barang jadi akan lebih ramah lingkungan. Baru ada 3 pabrik yang menggunakan teknologi RPS, 2 pabrik terdapat di Jerman dan 1 pabrik terdapat di Indonesia yaitu milik PT Propan Raya ini,” ungkap Kris.

Pabrik baru ini mampu memproduksi 100.000 ton per tahun cat berbasis air. Dengan demikian Propan memiliki tiga pabrik, dan menambah total kapasitas produksi menjadi 200.000 ton per tahun. “Dengan investasi yang besar ini, saya yakin Dekorindo menjadi salah satu pemain terbesar bidang cat di Indonesia dan kami bisa memastikan kualitas kami bisa menjadi nomor 1,” ujarnya.

Beberapa produk PT Propan Raya yang akan diproduksi di pabrik ini antara lain Decorshield, Decorcryl, Decorlotus, Eco Emulsion, Ecoshield, Ceria, Ultraproof, Aqua Syntetic Enamel Gofast A-1000, Marine Paint, Metal Protective Coating, Polymer Flooring, Waterproofing, Multipurpose Acrylux, Waterbased Wood Finishing For IKEA, dan lainnya.

Selain menguasai market share untuk cat kayu sebesar lebih dari 50%, PT Propan Raya juga mulai mengembangkan produk catnya ke cat dinding, cat besi, cat batu alam, cat mobil hingga cat kapal. Propan Raya juga mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata menjadi pelopor cat arsitektur nusantara.

“Propan sendiri market share nya untuk di cat kayu sudah di atas 50%, kami sudah menjadi market leader di Indonesia dan Asia Tenggara. Tapi untuk cat tembok memang mungkin belum yang pertama karena kami baru mulai menggenjotnya sejak 4 tahun yang lalu, tapi kami menargetkan dalam 3 tahun ke depan bisa meningkatkan market share sampai 20%-25%.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)