Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Telah Rampung 73%

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh pemerintah. Saat ini, pembangunan KCB sudah mencapai 73% dan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2022 mendatang.

“Tadi dilaporkan pada saya telah selesai 73 dan na%nti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi,” kata Presiden Joko Widodo. Dia berharap di akhir tahun 2022, KCB sudah bisa diujicobakan dan langsung masuk ke tahap operasional.

Peninjauan bermula di lokasi Casting Yard #1 di Kelurahan Warunghaja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, yang merupakan fasilitas seluas 165.500 meter persegi untuk memproduksi box girder untuk selanjutnya didistribusikan ke area Jakarta-Karawang selama proses pembangunan.

Saat ini, pembangunan juga sedang berlangsung di sejumlah titik seperti Stasiun Halim, Tunnel #6, dan Track Laying Base. “Kita berharap dari pembangunan kereta cepat ini juga ada transfer teknologi di mana SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung,” ujar Presiden.

Dia juga berharap proyek KCJB dapat terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti lintas rel terpadu (LRT) dan moda raya terpadu (MRT) di Jakarta. Untuk diketahui, rangkaian KCJB tersebut akan bermula dari Stasiun Halim, Jakarta, yang akan berperan sebagai stasiun keberangkatan sekaligus kedatangan dan berakhir di Stasiun Tegalluar, Bandung, dengan panjang rute keseluruhan mencapai 142,3 kilometer. Secara keseluruhan, rute KCJB diperkirakan dapat ditempuh hanya dalam waktu 46 menit.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)