Putri Inspirasi Woobiz Jadi Pionir Komunitas Mandiri Finansial

Woobiz mencari bakat-bakat muda yang mampu menjadi pionir untuk bisa mengajak komunitas di sekitarnya agar bisa mandiri secara finansial dengan cara berjualan. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama) dalam bentuk ajang pemilihan Putri Woobiz 2020.

Berdasarkan data yang masuk, lebih dari 500 pendaftar dan 350 data terverifikasi serta memenuhi syarat untuk masuk ke tahap seleksi. Dalam tempo waktu satu bulan berjalan, tersaring 100 besar peserta yang kemudian diseleksi lagi untuk masuk 35 besar. Dari jumlah yang ada terpilih 10 finalis yang merupakan perwakilan dari pimpinan anak cabang IPPNU yang sudah memiliki latar belakang leadership untuk bisa menjadi kandidat berkompetensi Putri Inspirasi Woobiz 2020.

Proses seleksi Putri Inspirasi Woobiz dilakukan secara bertahap. Salah satu proses yang dilakukan yakni karantina online. Selama karantina, peserta mendapatkan pembekalan berupa peningkatan keterampilan bicara di depan publik (public speaking), entrepreneuship, social media and personal branding, serta women empowerment.

Beberapa juri yang turut terlibat dalam Putri Inspirasi 2020 yakni, Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya, Influencer Aninda Syah Arwan, Ketua IPPNU Nurul Hidayatul Ummah, Public Figure Veve Zulfikar Basyaiban, serta perwakilan dari Woobiz, Putri Noor Shaqina.

Setelah proses seleksi selama tiga bulan dan penilaian dari dewan juri. Kamailiya Ulfah finalis dari Kota Magelang terpilih sebagai juara Putri Inspirasi Woobiz 2020 dan berhak mendapatkan beasiswa pendidikan senilai Rp20 juta. Kamailiya Ulfah yang kerap disapa Fafa merupakan mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya.

Sebagai Putri Inspirasi Woobiz 2020, Fafa akan melakukan advokasi yang bertujuan menggali potensi bisnis masyarakat. Putri Inspirasi Woobiz akan memiliki projek dan membantu memberikan solusi seperti ide marketing pemasaran hingga edukasi mengenai pemanfaatan aplikasi woobiz dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat daerah.

Selain Kamailiya, terdapat empat orang pemenang lainnya yang berhak mendapatkan nominasi Putri Inspirasi 2020 diantaranya Ai Siti Julaeha, Putri Inspirasi Favorit 2020, Salza Izzah Faridah, Putri Inspirasi Persahabatan 2020, Mahira Diffa Rahma Hida, Putri Inspirasi Berbakat 2020, dan Zea Zahrotul Muniroh, Putri Inspirasi Kontributif 2020.

Putri Noor Shaqina, Co-founder Woobiz, mengungkapkan, Putri Inspirasi Woobiz 2020 merupakan cikal bakal untuk bisa mendongkrak ekonomi daerah melalui aplikasi Woobiz. Karena nantinya bukan hanya Pemenang Putri Inspirasi 2020 yang akan mewakili Woobiz, namun seluruh peserta Putri Inspirasi akan menjadi perwakilan daerah untuk bisa membantu meningkatkan potensi daerahnya masing-masing.

Selama proses dimulainya roadshow hingga final Putri Inspirasi tercatat penambahan 6881 pengguna pada aplikasi dan terjadi peningkatan transaksi yang cukup signifikan. Selain itu, lebih dari 12 ribu supporter di sosial media mendukung peserta melalui platform Instagram, Facebook dan Youtube. Lebih lanjut, kolaborasi ini juga mempercepat digitalisasi 170000 anggota IPPNU yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)