Trends

Quick Insight, Layanan Riset Pasar untuk Startup dan UKM

Bisnis UKM

Untuk memahami pasar dan mempunyai daya saing, kalangan bisnis membutuhkan data dan informasi tentang pasar. Namun, tidak semua perusahaan mengetahui harus mencari kemana, apalagi mempunyai akses langsung terhadap sumber data. Lantas, biasanya mereka menggunakan jasa perusahaan riset untuk mendapatkan data atau fakta pasar yang akurat dan terkini.

Namun tak jarang kebutuhan ini terkendala biaya. Pada umumnya riset pasar membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sementara informasi dan data sangat dibutuhkan untuk membuat keputusan strategis perusahaan.

Merespon kebutuhan pasar tersebut, Central Insight menawarkan Quick Insight, sebuah paket jasa riset pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Quick Insight dilakukan dengan metode riset sekunder dengan harga mulai Rp. 500.000. Paket jasa riset yang ekonomis ini mencakup pencarian data dan informasi, serta membuat laporan dari hasil temuannya. Harga mulai dari Rp. 500.000, dapat berubah tergantung dari pekerjaan yang dilakukan, karena permintaan klien berbeda-beda dan dikerjakan secara customized.

Quick Insight ditargetkan melayani kebutuhan riset pasar yang mendasar seperti data market size, volume dan nilai impor suatu produk, mencari distributor,informasi mengenai kandungan atau kemasan suatu produk, proses pendaftaran di lembaga yang mengeluarkan sertifikat, dan sebagainya.

Sejatinya, tidak semua kebutuhan akan riset pasar berupa riset yang mendalam dengan cakupan yang luas –jenis riset yang juga dilayani oleh Central Insight. Jenis riset ini tentu membutuhkan biaya yang besar dan relatif hanya perusahaan besar yang sanggup membiayainya.

Sementara perusahaan startup mapun kecil dan menengah membutuhkan tipe riset yang berbeda. Mereka membutuhkan informasi dasar, sesuai dengan bisnis dan juga budget riset pasar yang mampu mereka alokasikan. Namun tidak berarti perusahaan besar tidak membutuhkan jasa seperti ini. Perusahaan kategori ini bisa saja membutuhkan riset awal yang mendasar sebelum kemudian memutuskan melakukan riset yang mendalam.

Selain startup dan UKM, riset semacam ini cocok bagi kalangan akademisi, baik mahasiswa Strata dua dan Strata tiga yang sedang melakukan riset untuk keperluan penyusunan tesis; maupun peneliti, terutama peneliti yang berkaitan dengan tema bisnis.

Membantu UKM yang selama ini tidak mampu mengakses jasa riset pasar merupakan salah satu misi Central Insight yang portofolio kliennya didominasi perusahaan asing dari luar Indonesia. Dengan senang hati, manajemen Central Insight membantu UKM untuk dapat lebih memahami pasar, baik pasar secara keseluruhan, pelaku pasar, produk, maupun proses bisnis. Central Insight mendukung UKM untuk meningkatkan daya saing mereka dengan memahami pasar sebagai langkah pertama.

Jika selama ini Central Insight banyak membantu perusahaan dari luar negeri untuk memahami pasar Indonesia sehubungan rencana mereka melebarkan sayap bisnisnya ke Indonesia, dengan Quick Insight, Central Insight ingin lebih menyeimbangkan peranannya dalam dunia bisnis Indonesia. Pengalamannya di berbagai sektor industri merupakan kekayaan yang ingin dibagikan kepada UKM Indonesia.

Central Insight adalah perusahaan yang bergerak di bidang riset pasar dan konsultasi bisnis yang berfokus pada pasar Indonesia. Central Insight baru berdiri 3 tahun yang lalu, namun tim manajemennya terdiri dari para profesional yang sudah berkecimpung di bidang riset pasar dan konsultasi bisnis selama lebih dari 20 tahun.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved