Radana Serius Cetak Leader Lewat LDP

Evy Indahwaty Presiden Direktur PT Radana Bhaskara Finance Tbk., Evy Indahwaty Chairoellah.

Pengembangan talent dengan menciptakan Leadership Development Program (LDP) sangat diperlukan oleh Radana Finance sebagai masa depan perusahaan. Hal ini sangat penting dilakukan karena perusahaan harus menyiapkan talent pool dan pengganti bagi karyawannya yang resign atau pensiun. Sebelum membuat program LDP, Radana banyak melakukan pro-hire dan kondisi ini menyebabkan cost yang tinggi untuk mendapatkan sejumlah karyawan berkualitas. Inilah alasan yang mendasari Radana secara perlahan mengembangkan karir talent-nya melalui LDP.

Menurut Presiden Direktur PT Radana Bhaskara Finance Tbk.(Radana Finance) , Evy Indahwaty Chairoellah, program ini selain menyiapkan kader untuk leader penerus juga sekaligus menyiapkan SDM untuk menghadapi tantangan bisnis. “LDP juga berguna mengantisipasi iklim bisnis yag cepat berubah. Harapannya, melalui produktivitas yang diciptakan juga meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tantangan bisnis,” ungkapnya.

Terdapat dua jenis LDP pada Radana, yaitu promosi dan talent pool. Promosi adalah program kenaikan jabatan berdasarkan kebutuhan organisasi melalui kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki. Sedangkan kaderisasi, Radana memiliki program Senior Development Program (SDP) untuk level supervisor dan Management Development Program (MDP) untuk level manajemen. “Lulusan program-program tersebut nantinya masuk ke talent pool. Melalui cara ini perusahaan juga mengidentifikasi, memetakan, dan mempertahankan karyawan yang memiliki potensi besar,” ujarnya.

Selain LDP, Radana juga memiliki Radana Akademi frame work yang diturunkan melalui value perusahaan yaitu continues improvement yang menggabungkan training in class room dan multimedia learning. Radana juga berusaha menyeimbangkan dengan pembangunan infrastruktur dan teknologi yang dimiliki. Segala upaya ini membuahkan hasil, mulai tahun 2014, 30% talent pool telah dipenuhi dari dalam, sisanya 70% memang masih dari luar. “Target kami nanti kedepan 100% semua dari internal. Kami lakukan secara bertahap, tahun 2017, Radana berhasil memanfaatkan 70% dari internal dan sisanya eksternal. Tahun 2019, targetnya 10% dari luar dan 90% dari dalam,” ungkapnya.

Usaha yang dilakukan Radana memperlihatkan dampak yang efektif bagi perusahaan. Mengembangkan talent sebagai upaya menciptakan leader dapat menjadi tolak ukur kesuksesan bisnis. LDP juga menciptakan talent yang tahan akan perubahan bisnis dan memberikan kontribusi yang jauh lebih baik. Tidak hanya cetak orang tetapi juga membuat bisnis jadi running well. Selain itu, LDP mampu memperbaiki aset perusahaan dengahn kenaikan dari Rp1,6 trilun tahun 2013 menjadi Rp3,8 triliun tahun 2017 ini.

 

Reportase: Arie Liliyah

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)