Raih Lompatan Tertinggi, UNAIR Masuk 500 Top Kampus Dunia

Kampus Universitas Airlangga , Surabaya

Di tengah kondisi pandemi yang melanda Indonesia dan dunia, ada kabar baik yang datang dari Universitas Airlangga. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditarget masuk jajaran kampus top dunia, UNAIR berhasil mengalami kenaikan peringkat QS World University Rangkings (QS WUR) dengan sangat signifikan.

Tercatat, dari peringat 651-700 kampus terbaik dunia, peringkat UNAIR pada tahun ini naik menjadi 521-530 kampus terbaik dunia versi QS WUR. Menanggapi hal itu, Ketua Badan Pengembangan dan Perencanaan (BPP) UNAIR Prof. Badri Munir Sukoco, Ph.D., mengatakan, prestasi tersebut didorong dari berbagai capaian bidang.

Dalam bidang Academic Reputation, dari tahun sebelumnya di posisi 401 naik menjadi 350 terbaik dunia. Dalam bidang Employer Reputation dari sebelumnya di posisi 393 terbaik dunia naik dengan sangat tinggi ke posisi 272.

"Dari indikator bidang Academic Reputation yang mengalami peningkatan, terlihat bahwa reputasi UNAIR semakin dipertimbangkan di kancah dunia. Sedangkan pada indikator Employer Reputation  menunjukkan bahwa kualitas lulusan UNAIR sangat dibutuhkan dan memiliki nilai yang sangat tinggi bagi perusahaan dan mitra pengguna," ungkap Prof. Badri.

UNAIR berada di peringkat 4 besar kampus top Indonesia yang masuk jajaran 500 Top Kampus Dunia

Guru Besar termuda UNAIR itu juga menjelaskan bahwa kedua indikator itu telah mencerminkan 50% dari indikator penilaian yang telah ditentukan oleh QS WUR. Tidak hanya itu, kenaikan juga dialami dua indikator lainnya yakni Faculty Student Ratio dari 458 pada tahun sebelumnya naik menjadi 403 terbaik dunia. Dari bidang International Faculty yang sebelumnya pada posisi 601 menjadi 554 terbaik dunia.

"Sementara itu, ada dua bidang indikator yang memang perlu usaha lebih agar ke depan bisa meningkatkan dan mendongkrak peringkat UNAIR di dunia. Ialah indikator Citation per Faculty dan International Students," jelasnya.

Capaian itu, dinilai Badri berkat sinergi yang baik antara seluruh elemen di lingkungan UNAIR. Ia pun berharap, dengan meningkatnya peringkat dan posisi UNAIR di kancah dunia, semakin besar pula peran UNAIR dalam memberikan manfaat yang lebih luas lagi bagi seluruh masyarakat.

"Perihal target ke depannya, UNAIR telah memetakan banyak strategi dan cara agar bisa terus menjadi bagian dari kampus terbaik dunia. Kami berharap tahun depan UNAIR bisa mencapai 400 besar kampus terbaik dunia," dia berharap.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)