Trends Economic Issues

Rajawali Nusindo Jaga Distribusi dan Ketersediaan Pangan Selama Nataru

Distribusi pangan di 43 cabang Rajawali Nusindo tersebar di 34 provinsi di Indonesia dijamin cukup aman untuk mengantisipasi kenaikan permintaan konsumen selama Nataru (Foto: Ist)

PT Rajawali Nusindo Member of ID Food, bergerak di bidang perdagangan dan distribusi food maupun nonfood memastikan menjaga distribusi dan ketersediaan pangan nasional selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Direktur Utama PT Rajawali Nusindo Iskak Putra mengatakan, distribusi pangan di 43 cabang yang dimiliki oleh perusahan tersebar di 34 provinsi di Indonesia dijamin cukup aman untuk mengantisipasi kenaikan permintaan konsumen selama Nataru ini. Untuk mempermudah pendistribusian produk, perusahaan ini memiliki fasilitas penunjang distribusi sebanyak 243 armada mobil dan 409 armada motor untuk menjangkau wilayah operasional pendistribusian barang oleh perusahaan juga terintegrasi sarana tol laut maupun udara.

“Selama Desember untuk persiapan Nataru Rajawali Nusindo mendistribusikan Beras Rania Premium sebanyak 250 ton, gula bulk 5.600 ton, gula kemasan 700 ton, minyak goreng curah 1.000 ton, Minyak Kita 850 ribu liter, minyak goreng premium 1,5 juta liter, garam 105 ton, margarine 8.6 ton dan tepung terigu kemasan 1 kg sebanyak 108 ton,” ujar Iskak dalam keterangan tertulis di Jakarta (26/12/2022).

Iskak menambahkan dalam melakukan distribusi, Rajawali Nusindo menjalin kemitraan dengan berbagai toko grosir, toko ritel, pedagang tradisional untuk melakukan proses penyaluran produk pangan tersebut. Selain melakukan distribusi pada segmen pasar tradisional, Rajawali Nusindo juga memperluas distribusinya melalui channel Modern Market Key Account seperti supermarket dan minimarket yang memiliki distribution center di seluruh Indonesia.

Sejalan dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara RI Erick Thohir memastikan BUMN membantu ketersediaan bahan pokok saat menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, hal tersebut sekaligus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sebagai bagian dari BUMN Pangan ID Food, Rajawali Nusindo mendukung ekosistem BUMN Holding Pangan ID Food menuju kedaulatan pangan Indonesia,” ujar Iskak.

Pada momentum Nataru ini, Rajawali Nusindo juga memiliki platform e-commerce Nushinushi.id yang berperan sebagai tools untuk memperkuat bisnis di bidang klaster pangan, dalam hal mendukung ketahanan pangan nasional. Ketahanan pangan nasional terdiri dari persediaan pangan dan stabilitas harga pangan. Nushinushi.ID membantu mendistribusikan secara online untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pasar.

Nushinushi.id telah bekerja sama dengan Blibli, Shopee, Tokopedia, Bukalapak serta platform besar lainnya untuk memudahkan masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok dan dengan harga lebih terjangkau.

Dengan begitu, Rajawali Nusindo siap mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan berperan secara nyata menjadi agen pemerintah dengan kontribusinya untuk menyediakan dan mencukupi kebutuhan pangan Indonesia.

Sejak tahun 2004, Rajawali Nusindo spin-off dari induknya, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) atau ID Food menjadi entitas sendiri, dan hingga 2021 yang lalu berhasil membukukan omzet sekitar Rp4,2 triliun. Saat ini, perseroan memiliki 43 cabang yang tersebar dari Aceh hingga Jayapura di 34 Provinsi. Pelanggan mencapai lebih dari 49.000, mulai dari rumah sakit, apotek, klinik, Dinas Kesehatan, toko obat, toko listrik, toko bangunan, kios dan toko kelontong, grosir dan minimarket.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved