Ralali Edukasi Bisnis Kopi Kekinian

Era sekarang memberikan kesempatan besar bagi siapa saja yang ingin membuka peluang bisnis. Salah satunya bisnis kopi yang banyak ditekuni oleh generasi muda. Tidak hanya karena kedai kopi sedang digandrungi, potensi bisnis kopi sebagai usaha juga dilihat menjanjikan dari segi keuntungan.

Peluang bisnis kopi ini ditangkap oleh Ralali.com dengan menggelar workshopA to Z about Opening a Coffee Shop” bersama Simetri Coffee Roasters. Kiat-kiat dalam berbisnis kopi diberikan dalam workshop ini. Para pakar kopi memberikan tips and trik yang berbeda dalam membangun bisnis tersebut. Bagaimana membangun kedai kopi kekinian hingga teknik manual brewing yang saat ini sedang populer di kalangan penikmat kopi disuguhkan diajarkan oleh Head Barista Simetri Coffee Roasters, Andrey Rahardja.

Bryan Pringgoadimulyo, Key Account Toffin Indonesia yang telah bertahun-tahun menggeluti bisnis Food and Beverages (F&B) mengatakan bahwa membuka bisnis kedai kopi membutuhkan strategi. Berbagai hal perlu diperhatikan mulai dari lokasi, konsep, bahan baku, hingga pembukuan. “Kunci kesuksesan sebuah kedai kopi tidak hanya bergantung pada lokasi yang strategis dan konsep yang menarik, tetapi juga bagaimana kita memberdayakan skill dari employee, dalam hal ini adalah para barista,” Bryan menambahkan. Menurutnya, mengelola bisnis kedai kopi memang terlihat tricky, tapi setelah dijalani akan terasa menyenangkan, terutama bagi mereka yang memang memiliki passion.

Bisnis kedai kopi yang menjanjikan ini banyak menggerakan para usahawan untuk memulai bisnisnya dari passion. Dan Ralali.com melihat hal ini sebagai peluang untuk meningkatkan jumlah pebisnis di Indonesia terutama pada kategori Horeka (hotel, resto, kafe). "Dengan adanya online marketplace yang bergerak di segmen B2B seperti Ralali untuk  mencari kebutuhan kedai kopi mulai dari alat dan bahan yang sesuai makin mudah,” ungkap Ranu Prasetyo, Marcomm Manager Ralali.com. Ralali akan bersinergi dengan kedai kopi yang telah ahli di bidangnya untuk berbagi ilmu dan kiat-kiat berbisnis kopi. Tak hanya mereka yang bergerak di bisnis kopi, Ralali terus berkomitmen untuk mengedukasi pebisnis di kategori lain seperti otomotif dan bahan bangunan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!