Ralali Hadirkan Platform B2B untuk Kebutuhan Bisnis

Founder & CEO Ralali.com, Joseph Aditya (kiri)

Berdiri di tahun 2013, Ralali.com menjadi marketplace B2B (business to business) yang menyediakan beragam kebutuhan di kategori bisnis.

Awal Ralali ada untuk kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation) bagi pelanggan yang berada di daerah-daerah. Namun seiring berjalannya waktu, Ralali membangun platform e-commerce ini untuk menghubungkan suplier besar di Indonesia kepada bisnis kecil yang mencari barang untuk kebutuhan bisnisnya.

Founder & CEO Ralali.com, Joseph Aditya, mengatakan, potensi pasar B2B sangatlah besar dan tantangan yang besar pula pada birokrasi yang panjang dan proses pengadaan barang-barang industri yang konvensional inilah yang mencetuskan diciptakannya Ralalai. Kini Ralali telah menjadi B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis secara lebih mudah dan efisien. Berbagai kebutuhan mulai dari MRO hingga kebutuhan bisnis hotel, restaurant, dan cafe disediakan oleh Ralali. Ralali berusaha menjadi jembatan untuk pelanggan yang ingin memulai atau sedang menjalankan bisnisnya.

Efisiensi inilah yang dihadirkan oleh Ralali melalui platform miliknya untuk menghubungkan penyedia barang dalam skala besar dan pembeli partaian. “Kini Ralali telah memiliki 5.000 seller dan potensi buyer lebih dari 100.000 buyer dan menyediakan 130.000 jenis produk yang terbagi menjadi 12 kategori,” ujar PR Executive Ralali.com, Marsela Citra. Berbagai manufacture pemegang merek, distributor, dan pemasok dari luar negeri telah bergabung dalam Ralali dengan menghadirkan berbagai kebutuhan bisnis.

Menurut Director Corporation Strategy & Product Development Ralali.com, Alexander Lukman, target buyer Ralali adalah retailer atau buyer besar yang membutuhkan pasokan barang dalam jumlah besar untuk dijual kembali atau digunakan untuk bisnisnya. “Ralali juga menyediakan kemudahan kostumisasi kebutuhan buyer dan membantu mencari kebutuhan bisnis yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan lewat fitur 'Request for Quotations',” tambahnya. Berbagai kategori produk mulai dari automotive, electrical, environmental, machine tools, medical devices, power tools, safety equipment, sanitary, work tools, dan home and kitchen appliances. Beragam produk tersebut ditujukan bagi skala perusahaan maupun kalangan end-user yang ingin membeli dalam skala besar.

Keunikan lainnya yang dihadirkan Ralali adalah konsep “Business Collection” yang akan membantu pelanggan yang ingin membuka sebuah bisnis. “Ralali akan menyediakan seluruh kebutuhan aset yang diperluakan dalam bisnis tersebut. Ralali telah launching business colletion untuk kategori cafe dan juga kedepannya memberikan konsultan untuk bisnis tersebut. Pengembangan lainnya, Ralali menyediakan kebutuhan 'Business Collection' untuk kategori catering, franchise. Restaurant, dan bengkel,” ungkap Alexander.

Kehadiran e-commerce B2B yang telah mendapat investasi series A sebesar $2.5 miliar dari 3 investor besar di Asia (Venture, EastVenture & Beenos) ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan industri di Indonesia. Hadirnya Ralali dipercaya memberikan solusi dan pasokan untuk kebutuhan industri di Indonesia.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)