Management Trends

Ralali Pacu Pengusaha Milenial Indonesia Makin Maju

Hari Sumpah Pemuda menjadi penanda bagi generasi muda dengan mengukuhkan semangat dan cita-cita mendirikan negara Indonesia. Dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda, generasi penerus bangsa saat ini diharapkan menjadi motor penggerak dan agen perubahan untuk Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Pasalnya, tingkat kewirausahaan Indonesia dinilai masih sangat rendah. Berdasarkan data Entrepreneurship Global Index 2018, indeks kewirausahaan di Indonesia hanya3,1% dan menduduki peringkat 94 dari 137 negara. Tertinggal dari negara ASEAN lainnya antara lain Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina. VP of Marketing Ralali.com, Jessica Carla meyakini Sumpah Pemuda sebagai momentum tepat bagi pemuda untuk semakin produktif dan berkarya bagi Indonesia,memiliki peran dan fungsi strategis dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Generasi muda saat ini memiliki karakteristik yang antusias, semangat kompetitif, serta kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan perkembangan teknologi sehingga Indonesia siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan bisa bersaing secara global. Ralali.com memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan konsisten memberdayakan UMKM dan pengusaha muda melalui inovasi teknologi.

Agar ekonomi Indonesia dapat tumbuh kuat, seimbang dan berkesinambungan dengan kontribusi para pengusaha muda di sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Kegiatan Workshop Ralali.com seperti Coffee Journey turut mendukung kampanye HarBIGNas secara offline, dengan tujuan mengedukasi, dan mengenalkan kemudahan pemenuhan usaha untuk kemajuan usaha pelaku atau calon pelaku UMKM yang antusias dengan bisnis kedai kopi.

Momentum Sumpah Pemuda yang memiliki makna untuk memajukan bangsa diaktualisasikan Ralali tidak hanya secara online (platform Ralali.com) melaluiHarBIGNas yang dimulai di 10.10, 11.11 hingga puncaknya 12.12, namun juga melaluikegiatan-kegiatan offline. “Hari ini adalah Coffee Journey Ralali.com ke-20 sejak akhir 2017 lalu. Kami telah mengedukasi langsung secara eksklusif 1.000 pelaku usahaindustri kopi Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang dan ​Entrepreneurship Global Index 2018 Bali. “Tujuannya agar mereka semakin kreatif bisnisnya dan pemenuhan kebutuhanusaha kopinya terus berkembang melalui Ralali.com” kata Carla dalam acara Coffee‘Media’ Journey dengan tema “Road to 12.12 HarBIGNas” di Gordi HQ, Jakarta (28/10/2019).

Lebih dari itu kehadiran HarBIGNas (Hari Belanja Item Grosir Nasional) 2019 denganTema “Bim Sala Big, Bisnis Itu Mudah Usaha Langsung Big” sejalan dengan target Ralali untuk memberdayakan 1 juta UMKM di tahun 2019. Kampanye HarBIGNasRalali.com ini sebagai upaya mendorong pengusaha muda maupun pelaku UMKM yang memiliki usaha agar mudah mengembangkan usahanya melalui platform Ralali.

HarBIGNas adalah bentuk upaya pendekatan ke pelaku usaha melakukan transaksi viamobile apps Ralali. Mengingat dari 63 juta UMKM di Indonesia, baru 3,97 jutaUMKM yang menggunakan teknologi , sehingga program yang pro-UMKM ini bisa mendorong UMKM lebih melek digital saat mengembangkan bisnis khususnya dalamhal pemenuhan kebutuhan usaha (​sourcing​) dan pendanaan (​financing​).

“Kami hadirkan HarBIGNas yang memberikan keuntungan bagi UMKM, hanya dengan bertransaksi, belanja grosir sebanyak-banyaknya pada periode 10.10 sampai 12.12.Setiap transaksi senilai Rp`10 ribu akan mendapat 1 Ralali Poin untuk menjadi tiket memenangkan undian 12.12 dengan hadiah puluhan juta rupiah,” jelas Carla.

Sahabat Ralali.com (UMKM) juga berhak mendapat beragam ​cashback ke Ralali Wallet, yang dapat dibelanjakan kembali untuk kebutuhan usaha, dimana saat dibelanjakan 12.12 secara offline nanti, nilainya akan berlipat ganda. Ralal juga memberikan berbagai macam promosi melaluimarketplace dan apps mobile seperti cashback mulai dari10%, gratis ongkir 10 kg dengan Ralali Kargo, Se12ibu, Vouche12, Su12p12Isefeals (khusus Ralali Poin), Exclusive12.12 Offers, semua untuk memberikan kemudahan bagi usaha UMKM.

Ralali.com sebagai ​next generation of B2B platform ​mendorong generasi millennialmenjadi pengusaha. Dengan menghadirkan ekosistem digital yang memberikankemudahan akses dan kenyamanan berbelanja bagi para pengusaha muda, khususnyadalam hal pemenuhan barang kebutuhan usaha (​sourcing​) dan kemudian terhubungdengan akses ​fintech ​yang terus dikembangkan Ralali.com​, antara lain ​payment(pembayaran), ​financing (pembiayaan), ​insurance (asuransi), ​investment ​(investasi). serta dilengkapi dengan adanya digital goods (pembelian pulsa, paket data, PLN, PDAM, BPJS dan uang elektronik).

Proporsi jumlah Sahabat Ralali.com³ didominasi oleh 75% pelaku usaha retail sepertiwarung kelontong, toko baju, toko HP, toko komputer (yang tergabung dalam kategoribisnis Big Mart), disusul oleh 9.5% pelaku usaha kuliner seperti katering, cafe hinggarestoran (tergabung dalam kategori bisnis Big Resto) dan peringkat ketiga yakni 4.5%pelaku usaha automotif seperti bengkel motor atau mobil, toko oli hingga ​spare partkendaraan (tergabung dalam kategori bisnis BigAuto).

“Ekosistem ekonomi digital yang dibangun Ralali secara holistik mempermudah pengusaha muda dan pelaku UMKM dari berbagai kategori usaha, seperti kuliner,otomotif dan penyedia barang dan jasa. Selain itu dengan transaksi yang di lakukan di Ralali, UMKM berhak dan berkesempatan untuk mendaftarkan usahanya untuk memperoleh akses pendanaan melalui fitur fintech dari Ralali,” imbuh Alvin Aulia Akbar, VP of Commercial and Partnership Ralali.com.

Uniknya modal usaha yang diberikan oleh Ralali yang berkolaborasi dengan berbagai partner fintech disalurkan dalam bentuk kebutuhan usaha, sesuai dengankategori bisnis UMKM tersebut. Sehingga pengembangan usaha tepat sasaran sesuaidengan kebutuhan UMKM. Untuk melengkapi ekosistem digital Ralali, pihaknya membuat aplikasi Big Agent sebagai ​on-demand platform yang sudah berpikir ke depan dalam memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dan UMKM melalui pemberdayaan SDM.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved