Ralali Raih Pendanaan Seri B US$7 Juta dari Tiga Investor Global

Ralali.com berhasil memperoleh pendanaan US$7 juta atau setara dengan Rp104 miliar dari investor multiglobal, termasuk SBI Group, perusahaan jasa keuangan; AddVentures, venture capital anak perusahaan SCG (Siam Cement Group); grup industrial di ASEAN, dan Digital Garage, inkubator digital global.

Pendanaan ini akan digunakan untuk menjalankan misi Ralali.com, yakni melayani 30 juta UKM di Indonesia dan ekspansi ke pasar global dengan menyediakan solusi segmen bisnis yang lebih luas. Model bisnis Ralali.com sebagai B2B marketplace yang menjadi wadah bagi produsen untuk menjual langsung kepada pemilik toko dan pedagang. “Berawal dari MRO dan office supplies, saat ini kami telah ekspansi ke segmen bisnis lainnya, seperti pasokan makanan, bahan bangunan, dan perlengkapan otomotif,” ungkap Joseph Aditya, CEO Ralali.com. Tercatat angka transaksi tahunan Ralali.com di tahun 2018 ini telah tumbuh 5 kali dari tahun sebelumnya, dengan rata-rata angka per transaksi sekitar US$2.000.

Ralali.com berupaya untuk meningkatkan visibilitas rantai pasokan dari pabrikan papan atas ke pasar potensial mereka. Selama empat tahun terakhir, Ralali.com telah  mendalami ceruk bisnis di bidang ini dan dapat memahami segmen pasar Indonesia dengan baik. Model segmentasi vertikal menyediakan jalur langsung untuk membantu pemasok dalam menjual dan bertransaksi online, yang mengarah langsung ke pelanggannya.

Pendanaan ini dipimpin oleh pakar bisnis global: SBI Group, Digital Garage, dan AddVentures, cabang VC perusahaan SCG (Siam Cement Group), yang fokus pada industri, B2B, dan bisnis perusahaan dan investasi global. "Kami percaya platform B2B marketplace akan memiliki pertumbuhan yang menjanjikan dan kami dapat mendukung di bidang fintech, contohnya seperti mengenalkan platform pinjaman keuangan untuk model bisnis ini," ujar Tomoyuki Nii, Executive Officer SBI Investment.

Selain SBI Group, SCG sebagai salah satu investor juga turut ambil bagian untuk ekspansi secara digital ke potensi pasar baru melalui platform Ralali.com. SCG sendiri juga akan mengambil bagian dalam model vertikal Ralali.com, sebagai penyedia kebutuhan bisnis papan atas. Ralali.com dan SCG akan terus berkolaborasi dalam pengembangan ekosistem rantai pasokan digital global / cross-ASEAN.

Ralalijuga berencana untuk memperluas jangkauan dengan kolaborasi SCG (Siam Cement Group) ke pasar Thailand. SCG adalah salah satu pemimpin pasar dalam bahan bangunan dan perlengkapan industri di Thailand dan Ralali akan memanfaatkan jaringan bisnis SCG untuk memulai ekspansi ini. Kolaborasi ini diharapkan akan terjadi sekitar Q1 2019 diawali dengan kategori bahan bangunan dan MRO.

Joseph juga menambahkan bahwa pasar B2B yang berkembang saat ini masih terfragmentasi dalam hal rantai pasokan. Untuk itu,  Ralali berusaha memberi kesempatan bagi bisnis untuk memiliki penawaran produk dan layanan yang lebih baik dalam satu platform yang terintegrasi. “Sejalan dengan hal ini, kami menargetkan US$1B (setara Rp1,4 triliun) penjualan kotor tahun 2020,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)