Ralali Raih Pendanaan US$13 Juta

Raih pendanaan baru, Ralali.com ingin menjadi the next generation of B2B marketplace

Ralali.com baru saja mendapat kucuran dana US$ 13 Juta dari Arbor dan AddVentures. Pendanaan baru ini rencananya akan digunakan untuk mendorong jaadi “the next generation of B2B marketplace”.

Investasi seri C yang dikucurkan ke Ralali ini dipimpin oleh Arbor Ventures (Singapura), TNB Aura (Singapura), Pendiri ZIGExN Co.Ltd, Jo Hirao (Jepang), dengan partisipasi dari AddVentures (Thailand) dan Qualgro (Singapura) sebagai investor pendahulu.

Ralali berencana menggunakan pendanaan untuk memudahkan, memperluas dan memperkuat UMKM Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan usaha.

Di Indonesia, UMKM tidak memiliki akses pemerataan dalam pemenuhan kebutuhan, pembiayaan, logistik dan kebutuhan usaha lainnya dikarenakan MMKM tidak memiliki skala ekonomi dan teknologi untuk mengelola serta merekam data.

Dengan jumlah lebih dari 60 juta UMKM di negara ini, hanya 8% yang sudah melek digital. Menyadari hal tersebut, Ralali.com memiliki misi untuk dapat berkontribusi melalui teknologi.

Saat ini Ralali menghubungkan 12.000 pemasok termasuk brand besar seperti Unilever Food Solutions, PaperOne, Asus, Siam Cement Group, P&G, Unil Opal dengan lebih dari setengah juta UMKM di seluruh Indonesia sebagai penggunanya.

Menawarkan one-stop-solution berbasis teknologi termasuk web dan aplikasi mobile untuk melakukan pemesanan, Ralali sekarang menyediakan solusi pemenuhan kebutuhan usaha dan pembiayaan untuk UMKM.

“Misi kami adalah membantu UKM tradisional bertumbuh dengan memanfaatkan teknologi digital. Pendanaan ini akan membantu kami meningkatkan teknologi dan tim kami untuk melayani jutaan UMKM Indonesia dalam memenuhi kebutuhan usaha mereka melalui platform digital kami. Dengan menjadi supp app pembeli dengan segmen usaha spesifik dapat menemukan solusi yang terkurasi untuk produk kebutuhan usaha, pembiayaan dan logistik yang relevan dengan usaha masing-masing,” ujar Joseph Aditya, CEO, Ralali.com.

Sejak 2018 Ralali telah menciptakan akses pembiayaan B2B demi membuat UMKM lebih inklusif dan lebih efisien, seperti pinjaman mikro dan ketentuan pembayaran (term of payment). Hingga saat ini sudah lebih dari 1.500 UMKM yang menikmati fasilitas ini. “Pertumbuhan pasar e-commerce B2B di Indonesia pesat dan Ralali berkontribusi. ” komentar Arbor Ventures, investor yang bergabung dalam putaran ini.

Ralali juga mengembangkan platform Big Agent, tenaga kerja lepas on-demand yang mengerjakan survei dan mengedukasi pasar untuk “go digital”. Dengan 120 ribu agen tersebar di Jakarta, Sumatera, Jawa dan Kalimantan, UMKM dapat dijangkau lebih efektif dan efisien dalam pemenuhan kebutuhan usahanya melalui platform.

Mengenai rencana pertumbuhan Ralali, Dr. Joshua Pas, Managing Director, AddVentures by SCG, mengungkapkan akan terys mendukung Ralali melalui investasi serta kolaborasi stratejik dengan grup perusahaan SCG se-Asia Tenggara.

Ralali mengantisipasi bahwa lanskap ritel B2B akan berubah di masa depan, karena itu berupaya tetap relevan dengan perkembangan digtal terkini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)