Ramadhan Berbagi Gaya CSR Hero Group

Selama Ramadhan, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bulan PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group), melalui unit bisnisnya Giant, menggelar berbagai kompetisi yang terkait pendidikan keagamaan dan aksi sosial. Rangkaian kegiatan itu dikemas dengan tajuk Ramadhan Berbagi (Ramadhan Berkah Bersama Giant).

Selain itu, Hero Group juga memberikan donasi kepada dua yayasan panti asuhan anak yatim piatu di Tangerang Selatan dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Puncak acara dari audisi yang telah berlangsung di gerai-gerai Giant yang tersebar se-Jabodetabek dan Jawa Timur itu dihelat secara bersamaan di dua lokasi. Untuk area Jabodetabek diadakan di Giant Ekstra CBD Bintaro Jaya, Sektor 7, Tangerang Selatan dan area Jawa Timur di Giant Ekstra Waru, Jalan Raya Waru, Sidoarjo.

"Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu umat Muslim. Di Bulan Suci ini, semua orang berlomba untuk mengisi waktu dengan hal-hal yang positif. Oleh karena itu, kami menggelar berbagai lomba bernuansa Islami melalui pendekatan kesenian, kebudayaan, dan pendidikan agama. Lomba terbuka bagi anak-anak, remaja, dan kalangan umum," kata Arya Kusumo, Corporate Social Responsibility Manager Hero Group.

Arya menambahkan, tiap tahun, Hero Group selalu menyelenggarakan berbagai kompetisi bernuansa Islami. Namun ada yang berbeda di tahun ini. Jika pada tahun-tahun sebelumnya hanya terbatas pada satu jenis lomba, kali ini lomba yang diadakan lebih bervariasi. Tujuannya agar membuka lebih banyak kesempatan kepada para peserta dalam menyalurkan minat dan bakat mereka.

Sebelumnya, di setiap akhir pekan sejak 6–21 Mei 2017 telah dilaksanakan babak penyisihan di 10 gerai Giant yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur.

Ke-10 gerai Giant itu antara lain Giant Palem Semi Tangerang, Giant Harapan Indah Bekasi, Giant Poin Square Jakarta, Giant Cimanggis Depok, Giant Taman Yasmin Bogor, Giant Pondok Chandra Sidoarjo, Giant Maspion Surabaya, Giant Probolinggo, Giant Gajayana Malang, dan Giant Diponegoro Surabaya.

Respons masyarakat cukup besar terhadap event lomba Ramadhan Berbagi. Terbukti, total 2.316 peserta ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Terdiri dari 1.146 peserta dari area Jabodetabek dan 1.170 dari area Jawa Timur.

Perlombaan dalam program Ramadhan Berbagi ini terdiri dari empat macam, yaitu marawis, membaca Alqur'an, mendongeng Islami dan peragaan busana Muslim.

Lomba marawis merupakan kompetisi kesenian marawis secara berkelompok dengan usia bebas yang beranggotakan maksimal 15 orang anggota. Kreativitas vokal, musikalitas, penghayatan, dan penampilan menjadi aspek penilaian dalam lomba ini.

Pemenang lomba marawis area Jabodetabek: Juara I tim Al Mukhlisin mendapatkan hadiah berupa voucher belanja Hero Group senilai Rp 5 juta dan piala. Juara II tim Samada mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 3 juta dan piagam penghargaan. Juara III tim Asy-Syifa mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 2 juta dan piagam penghargaan.

Pemenang lomba marawis area Jawa Timur: juara I tim Nur Muhammad mendapatkan hadiah berupa voucher belanja Hero Group senilai Rp 5 juta dan piala. Juara II tim Hasanatul Abror mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 3 juta dan piagam penghargaan. Juara III tim Farzana mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 2 juta dan piagam penghargaan.

Lomba membaca Alqur’an ditujukan bagi remaja berusia 12-17 tahun. Kriteria penilaian meliputi aspek tajwid, fashahah, adab, suara, irama, dan pemilihan ayat.

Pemenang lomba membaca Alqur’an area Jabodetabek: juara I Surrahman mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1,5 juta dan piala. Juara II Indi Neila endapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1 juta dan piagam penghargaan. Juara III M. Suqie Mubarok mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 500 ribu serta piagam penghargaan.

Pemenang lomba membaca Alqur’an area Jawa Timur: juara I Nabilah Nur Hamidah mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1,5 juta dan piala. Juara II Musa mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1 juta dan piagam penghargaan. Juara III Idris Ali Akbar mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 500 ribu dan piagam penghargaan.

Lomba mendongeng Islami bertujuan untuk mengasah kemampuan bercerita bagi anak-anak usia 7-12 tahun. Materi yang disampaikan tentang kisah Nabi, Hadits, atau cerita lain yang berkaitan dengan keagamaan yang dapat dipahami sesuai dengan usia anak-anak.

Para pemenang lomba mendongeng Islami di area Jabodetabek: Juara I Lutfiah Nursa’adah mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1,5 juta dan piala. Juara II Adira Natasya mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1 juta dan piagam penghargaan. Juara III Nasywa Nur Aulia mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 500 ribu dan piagam penghargaan.

Para pemenang di area Jawa Timur: Juara I Adiba Karyanto mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1,5 juta dan piala. Juara II Hisrina Bilqis mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1 juta dan piagam penghargaan. Juara III Jawwadu Ahmad mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 500 ribu dan piagam penghargaan.

Lomba peragaan busana Muslim. Lomba ini ditujukan bagi anak-anak berusia 5-10 tahun. Pemenangnya dipilih berdasarkan kriteria keberanian tampil dan berjalan di panggung, ekspresi wajah, serta kecocokan busana dengan tema.

Para pemenangnya di area Jabodetabek: Juara I Govela mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1,5 juta dan piala. Juara II Fara Nazirah mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1 juta dan piagam penghargaan. Juara III Rizqia Aliefah mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 500 ribu dan piagam penghargaan.

Pemenang di area Jawa Timur: Juara I Desti Immah mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1,5 juta dan piala. Juara II Adelphi Kanya R mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 1 juta dan piagam penghargaan. Juara III Dianda Eriba Dania mendapatkan hadiah voucher belanja Hero Group senilai Rp 500 ribu dan piagam penghargaan.

Pada kesempatan ini, Hero Group juga memberikan santunan kepada anak- anak yatim piatu dari Yayasan Panti Asuhan Al Abqo Amanah, Tangerang Selatan dan Yayasan Panti Asuhan Muzdalifah Juanda, Sidoarjo. Acara Ramadhan Berbagi ditutup dengan buka puasa bersama.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membawa keberkahan bagi semua pihak. Khususnya kepada generasi muda agar senantiasa memaknai bulan Ramadan melalui kegiatan yang bermanfaat. Juga selalu mendekatkan diri serta mengasah kemampuan untuk semakin maksimal dan percaya diri," jelas Arya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)